PENGEMBANGAN APLIKASI SEPASI GUNA MENGELOLA SURAT MENYURAT BERBASIS ELEKTRONIK DI PEMERINTAHAN KABUPATEN TUBAN
PENGEMBANGAN APLIKASI SEPASI GUNA MENGELOLA SURAT MENYURAT BERBASIS ELEKTRONIK DI PEMERINTAHAN KABUPATEN TUBAN
Kata Kunci:
Keywords: Correspondence, InternshipAbstrak
Surat merupakan salah satu media komunikasi yang sangat penting dalam suatu instansi atau perusahaan maupun bentuk organisasi yang lain, baik untuk berkomunikasi dengan pihak- pihak secara eksternal maupun internal. Setiap hal yang menyangkut kegiatan organisasi yang bersifat resmi selalu diwujudkan dalam bentuk surat. Kantor pemerintahan kabupaten Tuban merupakan instansi pemerintah yang bertugas untuk menjalankan kewenangan pemerintah. Dalam melakukan tugasnya, kantor ini banyak terlibat dalam surat menyurat. Bagian pemerintahan dan Umum menangani pengarsipan surat masuk dan surat keluar di Kantor pemkab Tuban. Seringkali arsip sulit ditemukan karena banyaknya arsip yang ada selama bertahun – tahun lamanya Dalam pelaksanaan magang di bidang kearsipan ini penulis melakukan dengan cara tiga metode yaitu observasi (melakukan sosialisasi mengenai proses pelaksanaan magang), pelaksanaan (pengelolaan dokumen arsip mulai dari melakukan penginputan dokumen pada aplikasi, penataan dokumen), dan penyusunan luaran (Laporan akhir, Video Kegiatan, Artikel Pengabdian). kegiatan magang ini dilaksanakan di kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur.
Referensi
Ghie, The Liang. 2007. Administrasi Perkantoran Modern, Yogyakarta
Sedarmayanti. 2003. Tata Kearsipan dengan memanfaatkan Teknologi Modern, Bandung
Sedianingsih. 2010. Teori dan Praktek Administrasi Kesekretariatan. 2010, Bandung
Sedarmayanti. 2014. Tugas dan Wewenang Sekretariat Profesional Untuk Meraih Keberhasilan, Bandung
Said Mas`ud, 2007, Birokrasi di negara Birokratis: Makna, Masalah dan Dekonstruksi Birokrasi di Indonesia, UMM Press, Malang.
