Kepuasan Pelayanan Perizinan Usaha Masyarakat di Dinas kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Timur
Kepuasan Pelayanan Perizinan Usaha Masyarakat di Dinas kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Timur
Kata Kunci:
Pelayanan Publik, Kualitas pelayanan, dinas kelautan dan perikananAbstrak
Kualitas pelayanan secara inheren mempengaruhi kepuasan masyarakat dan harus ditingkatkan. Memberikan pelayanan kepada masyarakat merupakan tanggungjawab utama penyelenggaraan pemerintahan. Pelayanan publik telah menjadi tolak ukur nyata kinerja pemerintah. Karena mutu pelayanan publik merupakan kepentingan banyak orang, dan masyarakat terkena dampak dari setiap daerah yang berhasil dibangun, maka masyarakat tidak dapat secara langsung menilai kinerja pemerintahannya berdasarkan mutu pelayanan publik yang diterimanya. Pengabdian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengidentifikasi masalah dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu perencanaan, observasi, pelaksanaan, dokumentasi, laporan. Hasil pembahasan dapat dinilai berdasarkan Kualitas pelayanan di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan sudah baik, semua pelayanan menggunakan web online untuk mengaksesnya.
Kata kunci : Pengabdian, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik, Kinerja.
Referensi
Sunarto, “Kebijakan Publik, Pendelegasian Tanggung Jawab Kepada Presiden,” no. August, pp. 9–10, 2015.
M. I. Dacholfany, Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik, vol. 01. 2016.
Anggraeny Puspaningtyas, S.AP., M.AP Dida Rahmadanik, S.AP., M.AP Dr. Endang Indartuti, M. S. (2022). Buku Pedoman Penyusunan Laporan MBKM. Program Study Administrasi Publik, 1(1), 1–100.
Anggraeny Puspaningtyas, S.AP., M. A., Dr.Endang Indartuti, M. S., Dr. Dra. Rachmawati Novaria, M., Dida Rahmadanik, S.AP., M. A., Muhammad Roisul Basyar, S.AP, M. K., & Yusuf Hariyoko, S.AP., M. A. (2022). Buku Panduan Pelaksanaan Magang. Program Studi Administrasi Publik Untag Surabaya, 1(1), 1–46.
Adiraga, Yudha, and Achma Hendra Setiawan, ‘Analisis Dampak Perubahan Curah Hujan, Luas Tambak Garam, Dan Jumlah Petani Garam Terhadap Produksi Usaha Garam Rakyat Di Kecamatan Juwana Kabupaten Pati (Periode 2003-2012)’ (Fakultas Ekonomika dan Bisnis, 2013)
Daraba, Dahyar, ‘Reformasi Birokrasi & Pelayanan Publik’ (Penerbit Leisyah, 2019)
