Pengabdian Di Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Timur ( Pengawasan Perikanan Terpadu di Dinas kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Timur )

Pengabdian Di Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Timur ( Pengawasan Perikanan Terpadu di Dinas kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Timur )

Penulis

  • Fernanda Laily Hendryan Anggraini Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • M.Kendry Widiyanto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstrak

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jawa Timur secara rutin melakukan patroli pengawasan di
wilayah perairan Selat Madura, Laut Jawa, Selat Bali dan Samudra Indonesia. Hal itu dikatakan Kepala
Bidang Kelautan, Pesisir dan Pengawasan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jawa Timur. Tugas rutin
terseut dilakukan sesuai Tupoksi yang ditetapkan Bidang Kelautan, Pesisir dan Pengawasan (KP2) DKP
Jawa Timur. Biasanya kegiatan diawali dengan melakukan koordinasi bersama TNI AL, Polairud serta
awak kapal pengawas bertempat di Pos Kamladu kota Pasuruan. Pengabdian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif dengan mengidentifikasi masalah dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu perencanaan, observasi, pelaksanaan, dokumentasi, laporan. Hasil pembahasan
dapat dinilai berdasarkan Kualitas pelayanan dan Kinerja di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan sudah
baik, semua pelayanan menggunakan web online untuk mengaksesnya.
kata kunci : Pengabdian, Pengawasan, Kualitas pelayanan, Kinerja
ABSTRACT
The East Java Marine and Fisheries Service (DKP) routinely conducts surveillance
patrols in the waters of the Madura Strait, the Java Sea, the Bali Strait and the Indonesian
Ocean. This was said by the Head of the Marine, Coastal and Supervision Division of the East
Java Marine and Fisheries Service (DKP). The routine tasks are carried out according to the
Tupoksi set by the Marine, Coastal and Supervision (KP2) of the East Java DKP. Usually the
activity begins by coordinating with the Indonesian Navy, Polairud and the crew of the
supervisory ship located at the Kamladu Post in Pasuruan city. This dedication uses a
qualitative descriptive method by identifying problems with the case study method. The data
collection techniques used are planning, observation, implementation, documentation, reports.
The results of the discussion can be assessed based on the quality of service and performance at
the Office of the Maritime Affairs and Fisheries Office is good, all services use the online web to
access it.
Keywords : Dedication, Supervision, Service quality, Performance

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-14