PENGELOLAAN ADMINISTRASI DAN PENGARSIPAN DATA KEPENDUDUKAN SECARA DIGITAL DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GRESIK
Kata Kunci:
Pengabdian, Administrasi Kependudukan, Kualitas PelayananAbstrak
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik yang merupakan instansi pelaksana dan juga penyelenggara pelayanan publik bagi masyarakat. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga bertugas untuk melaksanakan tugas-tugas yang berkaitan dengan mengolah data kependudukan, serta memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada penduduk. Pendampingan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengidentifikasi masalah dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan laporan. Hasil pembahasan dapat dinilai berdasarkan lima dimensi yang mencakup reliabilitas (reliability), jaminan (assurance), bukti fisik (tangibles), empati (emphaty), dan daya tanggap (responsiveness). Penulis menyimpulkan pekerjaan dan pelayanan berdasarkan lima dimensi tersebut sudah berjalan baik tetapi masih belum efektif dikarenakan ada beberapa permasalahan yang ditemukan penulis saat melakukan pendampingan.
Referensi
Alif Millati Putri, R. P. syah. (2021). Laporan Magang Analisis Proses/Alur Pelayanan Dengan Sistem Online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik.
Hardiyansyah. (2011). Kualitas pelayanan publik : konsep, dimensi, indikator dan implementasinya. Yogyakarta : Gava Media.
