DISPENDUKCAPIL KAB GRESIK MELAKUKAN JEMPUT BOLA GUNA MENINGKATKAN PELAYANAN ADMINISTRATIF

indonesia

Penulis

  • Ninin Adeliya Citra universitas 17 agustus 1945 surabaya
  • Dida Rahmadanik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Pengabdia, kualitas pelayanan, kependudukan dan pencatatan sipil

Abstrak

Suatu negara memiliki tujuan untuk mensejahterakan masyarakat di dalamnya. Diantara hal-hal yang menyangkut kesejahteraan rakyat adalah pelayanan publik. Kabupaten Gresik berusaha memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas kepada masyarakat dengan terus berinovasi untuk memberikan pelayanan yang cepat, tanggap dan akurat.penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode ini dipilih karena penelitian kualitatif bertujuan untuk mempelajari fenomena-fenomena yang bersumber dari situasi, subjek, tindakan atau situasi apapun yang terjadi di lingkungan magang Selama magang di Dinas Kependuduk dan Pencatatan Sipil di kabupaten Gresik ini penulis membantu di bagian pendaftaran kependudukan, berinteraksi langsung dengan masyarakat yang khususnya berkepetingan dalam permohonan pembuatan Kartu tanda penduduk (KTP), bagaimana sistem kinerja yang ada di Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil ini apakah kualitas pelayanan nya sudah sesuai atau belum. sebagaimana dalam teorinya Delivering service quality: Balencing custumor perception dan expectations, Valeria A. Zeithami, A. Parasuraman dan Leonard L.Berry (1990) kualitas pelayanan di katagorikan sebagai RATER (Reliability, Assurance, Tangibles, Empathy, Responsiveness) Setelah melakukan magang di Dispenduk Gresik dapat menyimpulkan bahwa pelayanan pembuatan KTP bisa dibilang cukup memuaskan karena pelayananya sangatlah efektif. Pentingnya memastikan akses mudah dan proses pendaftaran yang efisien untuk masyarakat. Hal ini akan mengurangi hambatan birokrasi dan meningkatkan kepatuhan penduduk dalam mendaftar atau pembuatan KTP.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-08