SOSIALISASI PELAKSANAAN PROGRAM PUSPAGA PARENTING DP3APPKB SURABAYA DI BALAI RW 02 KELURAHAN SEMOLOWARU

Penulis

  • Ahmad Bayu Dwi Rahman Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Kendry Widiyanto

Kata Kunci:

Socialization, Parenting Program, Family Learning Center.

Abstrak

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui bahwa Program PUSPAGA kelas Parenting berhasil dalam meningkatkan pengetahuan orang tua tentang aspek-aspek penting dalam perkembangan anak, seperti pendidikan, perawatan kesehatan, aspek psikologis, serta tahapan perkembangan anak. Orang tua yang mengikuti program ini juga cenderung lebih terlibat dalam kehidupan pendidikan dan perkembangan anak mereka, mendukung mereka dalam pembelajaran, dan aktif dalam proses pendidikan. Selain itu, program ini membantu orang tua untuk mengembangkan pola pengasuhan yang lebih efektif dengan pemahaman yang lebih baik dalam menghadapi tantangan sehari-hari. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan yang digunakan ialah pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah berupa wawancara, dokumentasi, dan studi literatur terhadap penelitian terdahulu. Program parenting PUSPAGA telah berhasil dalam membantu orang tua meningkatkan kemampuan mereka dalam mengasuh dan mendidik anak-anak mereka. Hasil pengabdian ini menggambarkan efektivitas program tersebut dalam memberikan manfaat yang signifikan bagi keluarga dan perkembangan anak. Program parenting seperti ini memiliki peran krusial dalam meningkatkan kualitas kehidupan keluarga dan memastikan perkembangan anak yang optimal sesuai dengan potensinya.

Referensi

Ahadiana, A. (2021). Efektivitas program parenting di pusat pembelajaran keluarga (puspaga) kota tangerang selatan. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/57801%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/57801/1/AMIRA AHADIANA-FDK-IR.pdf

Akhyadi, A. S., & Mulyono, D. (2018). Program Parenting Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Keluarga. Abdimas Siliwangi, 1(1), 1. https://doi.org/10.22460/as.v1i1p1-8.34

Febyaningsih, E., & Nurfadilah, N. (2021). Pelaksanaan Program Parenting Di Raudhatul Athfal Permata Assholihin. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(2), 70. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.569

Lukmanul Hakim, I. (2021). Implementasi Pendidikan Jasmani Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Menengah Atas Negeri 16 Bandung. Repository UPI, Ivan Lukmanul Hakim, 3, 35–45. http://repository.upi.edu/58184/6/S_JKR_1505964_Chapter3.pdf

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-02