PENDAMPINGAN PELAYANAN AKTIVASI IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL GUNA MENINGKATKAN KESADARAN DIGITALISASI PADA PELAYANAN PUBLIK MASYARAKAT KOTA MOJOKERTO

Authors

  • Dana Adila Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Rizkya Dwijayanti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Pendampingan, Identitas Kependudukan Digital (IKD), Digitalisasi Pelayanan Publik

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pendampingan di Dinas Kepedudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mojokerto. Bertujuan untuk memberikan pendampingan langsung kepada masyarakat Kota Mojokerto dalam aktivasi identitas kependudukan digital guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap digitalisasi. Kegiatan magang yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya ini bersifat individu. Metode pelaksanaan magang yang dilakukan adalah kualitatif dengan pendekatan observasi partisipatif dan wawancara untuk mengumpulkan data. Hal ini bertujuan untuk mengetahui proses aktivasi identitas kependudukan digital serta kesadaran masyarakat terhadap digitalisasi pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mojokerto. Hasil kegiatan magang yang dilaksanakan oleh mahasiwa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya menunjukkan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mojokerto merasa terbantu dengan adanya mahasiswa magang, serta adanya aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) tentunya sebagai salahh satu upaya dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya layanan publik berbasis digital dan memperluas cakupan penggunaan IKD. Bagi mahasiswa, pelaksanaan magang ini sangat berguna untuk memperkaya pengalaman kerja serta dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan terkait dengan pelayanan public pada era digitalisasi.

References

UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik [JDIH BPK RI]. Diambil 1 September, 2024, dari https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38748/uu-no-25- tahun-2009.

Pendampingan pelayanan administrasi kependudukan identitas kependudukan digital (Ikd) Di kecamatan bubutan Surabaya. https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/puis/article/view/3271.

Hatu, R. A. (2010). PEMBERDAYAAN DAN PENDAMPINGAN SOSIAL DALAM MASYARAKAT (Suatu Kajian Teortis), 7(4), 240–254.

Database Peraturan | JDIH BPK. https://peraturan.bpk.go.id/Details/38748/uu-no-25-tahun-2009.

Syafa Armia Zafira, & Oktarizka Reviandani. (2024). Implementasi Pelayanan Identitas Kependudukan digital Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya. Reslaj: Jurnal Sosial Pendidikan Agama Laa Roiba, 6 (6). https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i6.2099.

Dinta Fernanda Maulidya, & Agus Widiyarta. (2024). Optimalisasi Layanan Aktivasi IKD dalam Mendukung Transformasi digital Administrasi Kependudukan Di Kelurahan Kalisari Kota Surabaya. VISA: Journal of Vision and Ideas, 4(1). https://doi.org/10.47467/visa.v4i1.1544.

Natika, L. (2024). Transformasi pelayanan publik Di era digital: Menuju pelayanan masa depan Yang lebih Baik. Jurnal Dunia Administrasi Publik. https://doi.org/10.37950/wpaj.v6i1.2040.

Sisilianingsih, S., Purwandari, B., Eitiveni, I., & Purwaningsih, M. (2023). Analisis Faktor Transformasi digital Pelayanan Publik Pemerintah Di era Pandemi. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 10(4), 883-892. https://doi.org/10.25126/jtiik.2024107059.

Published

2025-01-31