PENDAMPINGAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL (IKD) DI KECAMATAN BUBUTAN SURABAYA

Authors

  • Lilis Rahmadhanti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ghulam Maulana Ilman Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

identitas kependudukan digital, pelayanan publik, Klampid New Generation (KNG

Abstract

Pelayanan publik telah menghadirkan inovasi terbaru melalui kebijakan identitas kependudukan digital
(IKD). Teknologi identitas kependudukan terus berkembang dan diperkenalkan oleh Direktorat Jenderal
Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri dalam bentuk
IKD. IKD merupakan dokumen kependudukan yang dapat digunakan oleh warga Indonesia yang sudah
memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP Elektronik). Warga yang telah melakukan aktivasi IKD
akan mendapatkan informasi elektronik yang memungkinkan mereka untuk menampilkan dokumen
kependudukan dan data pribadi. Tujuan dari IKD adalah untuk mengikuti perkembangan teknologi
digitalisasi dan mempercepat proses pelayanan publik. Direktorat Jenderal Administrasi Kependudukan
dan Pencatatan Sipil dibantu oleh pemerintah kabupaten/kota. Salah satu contoh yang telah menerapkan
adalah di Kota Surabaya, yang dibantu oleh pemerintah kecamatan Bubutan Surabaya. Proses
Pendampingan IKD di Kecamatan Bubutan Surabaya mengadopsi aspek-aspek dari Sondang P.Siagian
untuk mengukur tingkat efektivitas pelayanan ini di ukur dari 3 faktor yaitu : faktor waktu, faktor
kecermatan dan faktor gaya pemberian layanan. Dengan menerapkan aspek-aspek tersebut, diharapkan
pengetahuan masyarakat di Kecamatan Bubutan meningkat, sehingga pemahaman mereka tentang IKD
dapat meningkat dan proses pelayanan publik di wilayah tersebut dapat berjalan dengan lancar

References

(Sasongko 2023)DianErika Nugraheny, Kristian Erdianto. 2020. “Lima Keluhan Masyarakat Soal Layanan Administrasi Kependudukan, Dari Pungli Hingga Lambatnya Pencetakan e-KTP.” KOMPAS.Com. 2020. https://nasional.kompas.com/read/2020/09/09/21165101/lima-keluhan-masyarakat-soal-layanan-administrasi-kependudukan-dari-pungli.

Ghinan Salman, Andi Hartik. 2023. “Surabaya Jadi Kota Pertama Di Indonesia Yang Terapkan KTP Digital Untuk Perbankan.” KOMPAS.Com. 2023. https://surabaya.kompas.com/read/2023/06/28/100801878/surabaya-jadi-kota-pertama-di-indonesia-yang-terapkan-ktp-digital-untuk?page=all.

Nuraini, A. (2021). Efektivitas Pelayanan Publik pada Kantor Kelurahan Leok 1 Kecamatan Biau Kabupaten Buol. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2567-2574.

RAHMAT HIDAYAT. 2023. “Inilah Kelebihan Dan Kekurangan KTP EL Digital.” Koran Pantura. 2023. https://koranpantura.com/umum/13376/inilah-kelebihan-dan-kekurangan-ktp-el-digital/#google_vignette.

Published

2024-01-14