FASILITATOR PELAYANAN INFORMASI DAN PENGADUAN PKB DI UPT SAMSAT BERSAMA UTARA KOTA SURABAYA

Authors

  • Diaz Putra Prakoso Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Endang Indartuti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Fasilitator, optimalisasi, Pelayanan Publik

Abstract

Fasilitator, pelayanan publik yang dilakukan di Kantor Samsat merupakan salah satu upaya untuk mengoptimalkan partisipasi masyarakat terhadap wajib pajak di Kota Surabaya. Dengan adanya program magang mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 di Kantor Samsat, masyarakat dapat terbantu dengan pelayanan publik yang diberikan dengan mudah oleh berbagai instansi pemerintah, berbagai cara terbaik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sebagai Fasilitator layanan informasi dan pengaduan memberikan dampak positif bagi masyarakat, sehingga memudahkan pengelolaan layanan secara langsung atau online. Hasil observasi kegiatan magang yang dilakukan di kantor Samsat memberikan bimbingan pendidikan dan membantu masyarakat untuk menjamin kualitas pekerjaan yang baik dan cepat. Kemudian memberikan pelayanan publik dengan memberikan kemudahan akses arus pembayaran pajak bagi seluruh masyarakat.

Kata Kunci: Fasilitator, Optimalisasi, Pelayanan Publik.

References

Akhmad. (2016). PENGARUH PROFESIONALISME SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA PELAYANAN DI KANTOR SAMSAT PINRANG. https://ojs.unm.ac.id/jo/article/view/2913/1565.

FANANI, A. Z. (n.d.). OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK. https://www.scribd.com/doc/40845570/OPTIMALISASI-PELAYANAN-PUBLIK.

INDONESIA, R. (2009). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA TENTANG. djpk.kemenkeu.go.id.

INDONESIA, R. (2009). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA TENTANG PELAYANAN PUBLIK. peraturan.bpk.go.id.

Published

2024-03-20