PENDAMPINGAN PADA PARA PELAKU USAHA DALAM PELAPORAN LKPM OLEH DPMPTSP SURABAYA
Keywords:
lkpm, oss, dpmptsp, administrasiAbstract
Pelayanan perizinan merupakan salah satu pelayanan administratif yang dilakukan pemerintah, begitu juga dengan Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) yang bahkan telah menerapkan sistem Online Single Submission (OSS) agar kualitas pelayanan menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program LKPM Online dalam pendataan NIB pada sistem OSS di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surabaya. Program Online Single Submission (OSS) lebih memudahkan pemerintah untuk mendata pelaku usaha yang ada di Kota Surabaya secara cepat, efisien, dan transparan. Metode yang digunakan untuk menjalankan penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dipilih karena untuk menyajikan data secara sistematis, factual, dan akurat mengenai fakta-fakta yang ada di lapangan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif bertujuan untuk menggali mengenai fakta mengenai kualitas pelayanan publik dalam bidang administrasi izin berusaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dengan adanya program LKPM Online berbasis OSS menunjukkan beberapa faktor pendukung yang wajib di tingkatkan di dalam pemberian layanan agar dapat mewujudkan kualitas layanan administrasi dalam suatu instansi dalam mewujudkan kawasan lingkungan masyarakat yang sadar akan administrasi izin berusaha. Rekomendasi penelitian ini bertujuan memaparkan efektivitas program LKPM Online berbasis OSS yang dapat mempermudah pengurusan administrasi nomor izin berusaha.
References
Dwi Marelita Sari. (2022). Implementasi Kebijakan Peraturan Walikota Surabaya
Nomor 41 Tahun 2021 Dalam Pelayanan Perizinan Online Surabaya Single
Windows (Ssw) Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(4), 476–484.
https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i4.101
Efendi, M. M. R. K. (2023). Inovasi Pelayanan Publik Pada Mall Pelayanan Publik
Kabupaten Gresik (Bagian Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu
Pintu). Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 3(05), 368–379.
Latifah, L., Nasrullah, D., Huda, F., Iswandi, G. U., Aditya, F., Firdiana, R. F., &
Rismawati, R. (2023). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB)
Pelaku Usaha Mikro Dan Kecil (UMK) Perseorangan Untuk Keberlanjutan
Usahanya di Kelurahan Bulak, Kota Surabaya. Jurnal Edukasi Dan Pengabdian
Kepada Masyarakat, 2(1), 9–25. https://doi.org/10.35914/jepkm.v2i1.28
Paputungan, M., Wisiastini, N. M. A., & Telagawati, N. L. W. S. (2023). Analisis
Manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Ptsp) Dalam Meningkatkan Kualitas
Pelayanan. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan
Pelayanan Publik, 10(2), 446–456. https://doi.org/10.37606/publik.v10i2.676
Savira, F., & Suharsono, Y. (2019). Metode Penelitian. Journal of Chemical
Information and Modeling, 01(01), 1689–1699.
