Analisis Minat Masyarakat Surabaya Terhadap Udon (Kajian Sosiologi Budaya)

Authors

  • Nur Azizah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Eva Amalijah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30996/uncollcs.v2i1.2542

Abstract

Abstract. The development of times and technology is increasingly rapid, facilitating the dissemination of information that makes foreign or foreign cultures enter a country. Especially the influence of foreign culture on food makes changes in the taste of foreign cuisine in Indonesian society. Like Japanese-style thick noodles or also called Udon, which are currently also found in many Japanese-style food outlets in Indonesia, especially in Surabaya. The purpose of this study is to describe the interest of the people of Surabaya in Udon. The method in this study uses a quantitative descriptive methode. A method that aims to create an objective picture or description of a research that uses numbers, starting from data collection, interpretation of the data as well as the appearance and results. Sample collection was carried out by distributing questionnaires in the form of online links to 150 respondents regarding the interest of the people of Surabaya in Udon. In this study using Likert scale analysis and Spearman rank correlation. The results obtained from the Likert scale data for the most preferred type of Udon are `Curry Udon` followed by `kake Udon` then `Nabeyaki Udon` with an interpretation rate of 53.16% which means that the respondent's interest in Udon is categorized as "Neutral" (between interest and not interest). The results of the Spearman rank test show that the null hypothesis (Ho) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted, in other words that the first question and the second question have a significant correlation, meaning that the respondent has eaten Udon.

Keywords: Interest, Udon, Types of Udon.

 

Abstrak. Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin pesat, memudahkan penyebaran informasi yang membuat budaya asing masuk ke dalam suatu negara. Terutama pengaruh budaya asing terhadap makanan menjadikan perubahan selera masakan asing pada masyarakat Indonesia. Seperti mie tebal ala jepang atau juga di sebut dengan Udon yang saat ini juga banyak ditemukan pada gerai makanan ala jepang di Indonesia terutama di Surabaya. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan minat masyarakat Surabaya terhadap Udon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kuantitatif. Suatu metode yang bertujuan untuk membuat gambaran atau deskripsi pada suatu penelitian secara objektif yang menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut serta penampilan dan hasilnya. Pengumpulan sampel dilakukan dengan cara membagikan kuesioner berupa link secara online kepada 150 orang responden mengenai minat masyarakat Surabaya terhadap Udon. Dalam penelitian ini menggunakan analisis skala likert dan korelasi spearman rank. Hasil yang diperoleh data skala likert jenis Udon yang paling disukai adalah “Curry Udon” disusul oleh “kake Udon” lalu “Nabeyaki Udon” dengan skor Interpretasi 53,16 % yang artinya minat responden terhadap Udon dikategorikan “Netral” (di antara minat dan tidak minat). Hasil uji coba spearman rank diketahui analisis Hipotesis nol (Ho) Ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) Diterima dengan kata lain bahwa pertanyaan pertama dengan pertanyaan kedua memiliki korelasi yang signifikan, maka responden tidak hanya tahu tentang Udon tetapi juga pernah makan Udon.

Kata kunci: Minat, Udon, Jenis Udon.

References

Internet:

Anastasi, A & Urbina. (2007). Tes Psikologi: Terjemahan. Jakarta: PT Indeks.

Holland, J. L., Fritzsche, B. A., & Powell, A. B. (1994). The Self-Directed Search technical manual. Odessa, FL: Psychological Assessment Resources

https://nsd.co.id/posts/10002-mengenal-tes-minat-sds-holland-self-directed-search-holland.html

Binus University, 2021. “Memahami Skala Likert dalam Penelitian Ilmiah” https://accounting.binus.ac.id/2021/08/13/memahami-skala-likert-dalam-penelitian- ilmiah/ (Diakses pada tanggal 02 Mei 2023)

Dickson, Kho. 2022. “Pengertian Skala Likert (Likert Scale) dan Menggunakannya” Pengertian Skala Likert dan Cara Menggunakan Skala Likert (teknikelektronika.com) (Diakses pada tanggal 6 Mei 2023)

Harruma Issha. “Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli” (Diakses pada 09 April 2023 Pukul 13.50 WIB)

https://nasional.kompas.com/read/2022/03/09/01150061/pengertian-masyarakat-menurut-para-ahli

Rizka, A. R. 2021. “Pengertian Masyarakat menurut Para Ahli serta ciri dan Unsur-unsurnya” (Diakses pada tanggal 06 April 2023 Pukul 15.46WIB)

https://tirto.id/pengertian-masyarakat-menurut-para-ahli-serta-ciri-unsur-unsurnya-gbbv

Sampoerna University, 2022. “Pengertian Skala Likert, Cara Penggunaan dan Contoh”

https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/pengertian-skala-likert-cara-penggunaan- dan-contoh/ (Diakses pada tanggal 25 Mei 2023 Pukul 14.30WIB)

Jurnal:

Jurnal. Maghfiroh, Nella, and Gunarti Dwi Lestari. "Gerakan Literasi Untuk Meningkatkan Minat Dan Budaya Baca Masyarakat Di Kota Surabaya." JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua 4.4 (2020): 63-72.

Jurnal. Rosliana Lina. Shoku Bunka: warna budaya dan tradisi dalam makanan Jepang. Izumi Volume 6, No 2, 2017 ISSN: 2502-3535.

Jurnal. Sosnoski Daniel. 2001. Introduction to Japanese Culture. ISBN: 978-1-462-91153-0.

Skripsi:

Skripsi. Amanda Sonia, Minat masyarakat dalam membayar zakat pertanian padi di nagari lansek kadok kecamatan Rao Selatan. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2021.

Skripsi. Citra Siti Anisa. Persepsi mahasiswa terhadap restoran Ramen-ya dan Marugame Udon sebagai salah satu restoran Ramen dan Udon. Fakultas Bahasa dan Budaya Universitas Darma Persada Jakarta, 2022.

Skripsi. Nurfitri Kholifah. Minat Orang Indonesia terhadap ramen instan. Fakultas Ilmu Budaya Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 2022.

Downloads

Published

2023-07-26

How to Cite

Azizah, N., & Amalijah, E. (2023). Analisis Minat Masyarakat Surabaya Terhadap Udon (Kajian Sosiologi Budaya). Proceeding of Undergraduate Conference on Literature, Linguistic, and Cultural Studies, 2(1), 383-391. https://doi.org/10.30996/uncollcs.v2i1.2542