Analisis Perilaku Hikikomori Pada Tokoh Tatsuhiro Satou Dalam Novel NHK Ni Youkoso Karya Tatsuhiko Takimoto

Authors

  • Krismania Fitri Wardani Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Novi Andari

DOI:

https://doi.org/10.30996/uncollcs.v2i1.2451

Keywords:

perilaku, penokohan, hikikomori, novel, psikologi sastra

Abstract

Hikikomori merupakan orang yang berdiam diri di rumah atau di kamar dalam waktu yang lama dan hidup tanpa berinteraksi dengan orang lain. Fenomena hikikomori, tidak hanya muncul dalam kehidupan dunia nyata, tetapi juga direpresentasikan kedalam sebuah karya sastra seperti novel. Salah satunya yaitu novel dengan judul NHKにようこそ dimana tokohnya berperilaku hikikomori. Peneltian ini bertujuan menganalisis karakteristik, perilaku dan faktor penyebab hikikomori yang terjadi pada tokoh utama dalam novel NHKにようこそ Volume 1, dengan data yang berupa kutipan dari teks dan dialog dalam novel. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Kajian teori yang digunakan yaitu kajian teori hikikomori menurut Fong, Saito Tamaki, Sadatsugu Kudou dan Michael Dziesinski. Hasil penelitian ini, dibagi menjadi 3 kategori dengan total 58 data, yakni: 1) karakteristik hikikomori hanya ditemukan 6 dari 8 sub kategori, salah satunya yaitu menarik diri dari lingkungan sosial, mengurung diri sekitar 3-6 bulan dan cenderung seorang pria. 2) Perilaku hikikomori ditemukan total 9 sub kategori, salah satunya yaitu: mengurung diri, tidak memiliki hubungan dengan orang lain selain keluarga dan takut serta khawatir berlebihan. 3) Faktor penyebab hikikomori hanya ditemukan 13 dari 14 sub kategori, salah satunya yaitu: amae, ijime dan ketidakjelasan peran laki-laki (tidak yakin akan masa depan).

Kata Kunci: perilaku, penokohan, hikikomori, novel, psikologi sastra

References

Andari, Novi and Etik Nuryani. 2018 Perilaku Hikikomori Pada Novel Hikikomoritachi Ni Ore No Seishun Ga Honrousareteiru Karya Hitsugi Yusuke. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Bella, M. M., Ratna, L. W. 2018. Perilaku Malas Belajar Mahasiswa di Lingkungan Kampus Universitas Trunojoyo Madura.

Dziensinski, M.J. 2003. Hikikomori Investigations into the phenomenon of acute social withdrawal in contemporary Japan. University of Hawai'i Manoa.

Fong, R.Y. [楊謹鴻]. 2008. Exploring hikikomori: a mixed methods qualitative research. University of Hong Kong, Pokfulam, Hong Kong SAR.

Janti, Ilma Sawindra. 2006. Gejala Hikikomori pada masyarakat Jepang. Manabu: Journal of Japanese Studies.

Kudō, Sadatsugu and Saitō Tamaki. 2001. Argument! Hikikomori. Tokyo: Studio Pot.

Noor, Redyanto. 2004. Pengantar Pengkajian Sastra. Semarang: Fasindo.

Nurgiyantoro, B. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Takimoto, Tatsuhiro. 2005. NHKにようこそvolume 1. Tokyo: Kadokawa Shoten.

Tamaki, Saitō. 1998. Shakaiteki hikikomori: owaranai shishinki. Japan: PHP Institute, Inc.

Wellek, Warren. 1995. Teori Kesusastraan (Melalui Budianta Penerjemah). Jakarta: Gramedia.

Kojien. 2023. “Hikikomori”. https://sakura paris.org/dict/kojien/content/16399_1364, diakses pada 15 Mei 2023.

Downloads

Published

2023-07-26

How to Cite

Wardani, K. F., & Andari, N. (2023). Analisis Perilaku Hikikomori Pada Tokoh Tatsuhiro Satou Dalam Novel NHK Ni Youkoso Karya Tatsuhiko Takimoto. Proceeding of Undergraduate Conference on Literature, Linguistic, and Cultural Studies, 2(1), 98-115. https://doi.org/10.30996/uncollcs.v2i1.2451