Inovasi Pembelajaran “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)” Terhadap PAUD di Kecamatan Rungkut dalam Membangun Pola Hidup Sehat Sejak Dini

Authors

  • Putri Azwania Arumie Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Fransisca Benedicta Avira Citra Paramita Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Inovasi Pembelajaran, Siswa PAUD, Pola Hidup Bersih dan Sehat

Abstract

Di PAUD Cempaka, anak-anak masih belum terbiasa melakukan PHBS. Masih banyak anak-anak yang tidak
mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, tidak mendapatkan tidur yang cukup karena terlalu asik bermain
game di smartphone, tidak mau mengonsumsi sayuran dan buahan, masih membuang sampah sembarangan.
Inilah pentingnya penerapan PHBS sejak dini. Metode pelaksanaan kegiatan KKN ini berupa, survey; dimana
penulis mendatangi tempat kegiatan KKN berlangsung, analisis situasi; melihat keadaan lapangan; mengamati
apa yang menjadi masalah di tempat kegiatakan KKN berlangsung, masalah; pada tahap ini penulis mampu
mengidentifikasi masalah yang di hadapi oleh mitra, ide; pada tahap ini penulis mendapat inspirasi untuk
menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh mitra, koordinasi; penulis dan mitra berdiskusi mengenai apakah ide
yang ada sudah sesuai atau bisa mengatasi masalah yang dihadapi mitra, persetujuan; pada tahap ini mitra
menyetujui ide, dan pelaksanaan; pada tahap pelaksanaan KKN akan berlangsung selama 12 hari. Luaran yaitu
berupa artikel massa, artikel ilmiah, dan video inspiratif. Untuk hasil dari kegiatan KKN ini yaitu buku panduan
dan poster. Dengan pengenalan PHBS pada siswa PAUD Cempaka, penulis harap anak-anak dan guru PAUD
dapat mengaplikasikan kegiatan PHBS di sekolah maupun di rumah.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Putri Azwania Arumie, & Fransisca Benedicta Avira Citra Paramita. (2022). Inovasi Pembelajaran “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)” Terhadap PAUD di Kecamatan Rungkut dalam Membangun Pola Hidup Sehat Sejak Dini. Prosiding Patriot Mengabdi, 1(02). Retrieved from https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/spm/article/view/1823

Issue

Section

Articles