STRATEGI CUSTOMER RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN CV.TIMBUL JAYA EXPRESS SURABAYA

Penulis

  • Vina Aziziya Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mohammad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Nara Garini Ayuningrum Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Lily Harlina Putri Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Loyalitas Pelanggan, Strategi Bisnis, Layanan Jasa Pengiriman Barang

Abstrak

Loyalitas pelanggan merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan bisnis dan mempertahankan hubungan keberlanjutan khususnya pada sektor layanan jasa pengiriman barang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis strategi customer relations yang diterapkan oleh CV. Timbul Jaya Express Surabaya dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CV. Timbul Jaya Express menerapkan berbagai strategi customer relations dalam meningkatkan kualitas pelayanan, komunikasi yang efektif dengan para pelanggan, dan menggunakan teknologi untuk mempermudah interaksi sekaligus memberikan pelayanan yang lebih cepat. Selain itu, perusahaan juga menjaga hubungan jangka panjang dengan mempertahankan komunikasi dua arah dengan baik dan terbuka dengan keluhan dan saran dari para pelanggannya. Faktor-faktor yang memperngaruhi loyalitas pelanggan di antaranya meliputi pelayanan dengan komunikasi terbuka dan transparant, kualitas pelayanan yang dipertahankan, kecepatan dan ketepatan pengiriman, serta responsivitas terhadap kebutuhan pelanggan. Penelitian ini memberikan rekomendasi agar CV. Timbul Jaya Express terus memperkuat strategi customer relations yang telah diterapkan dan berfokus pada peningkatan pengalaman pelanggan melalui inovasi dan pemanfaatan teknologi terbaru.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-24