ANALISIS RESEPSI POSTINGAN KULINER HIDDEN GEM DI AKUN INSTAGRAM @SURABAYA_FOODIES PADA REMAJA SURABAYA

Penulis

  • Yuangga Ari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Edy Sudaryanto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Fransisca Benedicta Avira Citra Paramita Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Instagram, Kuliner, Resepsi Remaja

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian: Bagaimanakah resepsi postingan kuliner hidden gem di akun instagram @surabaya_foodies pada remaja Surabaya? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pada Penelitian ini penulis melakukan dengan metode wawancara dan FGD (Focus Group Discussion). Informan ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Dalam penelitian ini, teknik analisis yang digunakan adalah analisis resepsi Encoding - Decoding Stuart Hall dengan merujuk pada kategori posisi penerimaan pesan Stuart Hall yang mencakup hegemoni dominan, negosiasi, atau oposisi. Berdasarkan analisis menggunakan teori Consumer Culture Theory (CCT) dan kerangka Dominant-Hegemonic dari Stuart Hall, perilaku konsumsi konsumen dipengaruhi oleh suasana restoran, kualitas makanan, dan nilai budaya yang disampaikan melalui media sosial, yang menciptakan pengalaman konsumsi yang melibatkan aspek sensoris, emosional, dan kognitif. Postingan di media sosial berperan penting dalam memperkuat citra Surabaya sebagai kota kuliner yang dinamis namun tetap mempertahankan tradisi. Untuk meningkatkan relevansi dan pengaruh akun Instagram @surabaya_foodies dalam komunitas kuliner, disarankan untuk memperkuat kualitas visual, mengangkat narasi budaya yang mendalam, dan berinteraksi aktif dengan pengikut, serta menggunakan hashtag populer, berkolaborasi dengan influencer, dan mempromosikan isu keberlanjutan. 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-26