STRATEGI KOMUNIKASI MAFINDO SURABAYA DALAM MENSOSIALISASIKAN BAHAYA HOAX TERHADAP MASYARAKAT
Kata Kunci:
Mafindo Surabaya, Strategi komunikasi, HoaxAbstrak
Perkembangan teknologi semakin hari dirasakan oleh sebagian masyarakat sudah sangat cepat. Hal ini terbukti dari adanya sebuah pekerjaan tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi. Seperti mengerjakan tugas, mencari informasi, dan lain sebagainya. Dengan adanya kecanggihan teknologi tersebut memungkinkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab bisa menyebarkan berita bohong atau hoax. Dengan banyaknya berita bohong atau hoax tersebut kemudian memunculkan sebuah komunitas anti hoax atau sekarang yang dapat dikenal dengan Mafindo Surabaya. Mafindo surabaya dalam mensosialisasikan bahaya hoax tentunya memiliki strategi-strategi yang akan digunakan terutama strategi komunikasi. Strategi komunikasi sangat dibutuhkan guna apa yang akan dilakukan dalam mensosialisasikan bahaya hoax dapat tercapai dengan maksimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi, dan juga komunikasi