KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Penulis

  • Nurlailli Hartiningrum Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Jupriono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Dinda Lisna Amilia Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Komunikasi interpersonal, Instagram, Media Sosial

Abstrak

Sebagai platform visual, Instagram memungkinkan penggunanya berbagi foto, video dan cerita, sekaligus dapat mendukung komunikasi interpersonal dalam berbagai bentuk seperti komentar, pesan langsung, dan reaksi terhadap konten yang diunggah. Komunikasi interpersonal pada media sosial Instagram berbasis konten visual sering digunakan untuk mengekspresikan emosi dan cerita, baik secara sinkron melalui fitur seperti Instagram Live, maupun asinkron melalui komentar pada unggahan. Dalam hal ini pemanfaatan Instagram dalam membangun komunikasi interpersonal antar individu untuk penggunaan media sosial di karang taruna Karah, Jambangan, Kota Surabaya sangat diperlukan, mengingat banyaknya dampak negatif bersosial media seperti halnya ujaran kebencian hingga konflik dan penyebaran isu – isu negatif. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya tantangan berpotensi kesalahpahaman tekanan sosial akibat perbedaan realitas dan ekspektasi, serta dampak negatif dari cyberbullying. Metode penelitian kualitatif deskriptif yang digunakan untuk dapat memahami karakteristik seseorang melalui observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini informan memberikan informasinya melalui wawancara mendalam melalui interaksi yang lebih dalam dan berkelanjutan, Instagram memungkinkan individu untuk saling mengenal satu sama lain lebih jauh, hingga mencapai tahap kedalaman yang lebih tinggi. Dalam beberapa kasus, hubungan yang terjalin melalui Instagram bahkan bisa melampaui batasan dunia maya dan berkembang menjadi pertemanan dan pertemuan yang nyata di dunia offline

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-26