Persepsi Mahasiswa Untag Surabaya Tentang Casual Fashion Trend Pada Akun Instagram @rucas.co

Penulis

  • Muhammad Dodik Nurcahayu Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Edy Sudaryanto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Fransisca Benedicta Avira Citra Paramita Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Persepsi, Casual Fashion, Mahasiswa, Fashion Trend

Abstrak

Casual fashion trend ditandai oleh pakaian yang sederhana, fleksibel, dan nyaman, sesuai dengan gaya hidup penggunanya. Tren ini dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti media sosial dan budaya luar, yang membawa dampak pada perubahan sosial dan budaya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Untag Surabaya tentang Casual fashion trend pada akun instagram @rucas.co. Penelitian ini menggunakan teori proses selektif adalah proses psikologis yang meliputi terpaan selektif, pengingatan selektif, dan persepsi selektif yang dirancang untuk mengurangi disonansi. Penelitian ini mengadopsi metode penelitian kualitatif, dengan menggabungkan sumber data primer dan sekunder. Data diperoleh melalui teknik pengumpulan seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa persepsi mahasiswa Untag Surabaya terhadap Casual fashion trend dipengaruhi oleh gaya hidup, budaya, dan kelas sosial. Individu dengan gaya hidup kasual dan modern lebih terbuka terhadap tren baru, sementara yang lebih spesifik cenderung kritis. Kelas sosial juga berperan penting, di mana harga dan eksklusivitas merek menjadi pertimbangan utama, mengaitkan fashion trend dengan status sosial. Casual fashion dari brand Rucas, misalnya, diasosiasikan dengan kalangan atas, menciptakan stigma sosial. Secara keseluruhan, penelitian ini menekankan bahwa persepsi konsumen terhadap fashion trend adalah konstruksi sosial yang kompleks, dipengaruhi oleh interaksi faktor pribadi, sosial, dan budaya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-26