ANALISIS DIGITAL MARKETING DALAM MENARIK MINAT BERKUNJUNG FOLLOWERS INSTAGRAM @lovesuroboyo
Kata Kunci:
Digital marketing, Instagram, promosi pariwisataAbstrak
Penelitian ini mengkaji efektivitas strategi digital marketing yang digunakan oleh akun Instagram @lovesuroboyo dalam menarik pengunjung ke Surabaya. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, penelitian ini memanfaatkan studi pustaka jurnal dan artikel, observasi serta dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Kerangka teori Simon Anholt (2007) diterapkan dengan fokus pada enam dimensi: Presence, Place, Potential, People, Pulse, dan Prerequisite. Temuan menunjukkan bahwa dimensi-dimensi ini secara signifikan meningkatkan upaya promosi akun @lovesuroboyo untuk meningkatkan minat berkunjung followers Instagram ke kota Surabaya. Presence menonjolkan keakraban budaya kota Surabaya, Place menekankan landmark ikonik, dan Potential memperlihatkan acara unik. People menyoroti pentingnya keterlibatan komunitas lokal, Pulse mencerminkan semangat dinamis kota, dan Prerequisite berfokus pada kesiapan infrastruktur. Elemen-elemen ini secara kolektif membangun persepsi positif dan keterlibatan pengikut, sehingga meningkatkan minat mereka untuk berkunjung ke Surabaya. Studi ini memberikan wawasan tentang cara mengoptimalkan Instagram sebagai alat digital marketing untuk mempromosikan destinasi wisata kota Surabaya secara efektif