FRAMING MEDIA ONLINE CNN INDONESIA DALAM BERITA SAMPAH PLASTIK DI INDONESIA
Kata Kunci:
Berita, Framing, KomunikasiAbstrak
Media massa merupakan salah satu sumber informasi penting dalam penyampaiandan penyebaran informasi kepada khalayak. Media massa baik cetak, elektronik dan online memiliki peran penting dalam menampilkan fakta dan realitas peristiwa yang terjadi di masyarakat. Pemberitaan yang dikemas oleh media harus independen, akurat, sesuai dengan kenyataan dan harus berimbang dengan memberikan ruang yang sama kepada semua pihak. Salah satu media online yang ada di Indonesia adalah CNN Indonesia. CNN Indonesia adalah sebuah jaringan televisi berita digital, serta situs berita milik Trans Media dengan mengambil lisensi nama CNN dari Warner Bros. CNN Indonesia merupakan media paling dipercaya masyarakat Indonesia dengan mencapai 69% skor kepercayaan. Sebagai penyedia berita, CNN Indonesia memiliki kekuatan untuk menentukan isu apa saja yang dapat dibicarakan oleh masyarakat. Penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode analisis framing. Hasil dari reduksi data berdasarkan observasi dan analisis mengenai berita pengelolaan sampah di Indonesia didapatkan dua puluh artikel dari CNN Indonesia. framing berita pengelolaan sampah di Indonesia pada media online CNN Indonesia dengan menggunakan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki maka dapat disimpulkan bahwa struktur sintaksis, pengelolaan sampah di Indonesia tersusun dalam bentuk piramida terbalik.