PENGARUH SALES PROMOTION PRODUK DI ALFAMART SURYA ASRI TERHADAP PERILAKU MEMBELI KONSUMEN DI KELURAHAN SIDOKEPUNG SIDOARJO (PROGRAM PROMOSI PURCHASE WITH PURCHASE)

Penulis

  • Barra Lugiva Laksona Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Bagus Cahyo Shah Adhi Pradana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mohammad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Perilaku Konsumen, Jual Beli, Strategi Pemasaran

Abstrak

Penelitian ini melihat tentang promosi Buy with Buy (PWP) di Alfamart Surya Asri dan bagaimana pengaruhnya terhadap perilaku pembelian konsumen di Desa Sidokepung Sidoarjo. PWP merupakan suatu bentuk pemasaran yang memungkinkan konsumen membeli produk yang diinginkan dengan harga khusus setelah mencapai nominal pengeluaran tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas PWP dalam mempengaruhi keputusan pembelian dan loyalitas konsumen. Metodologi penelitian deskriptif kuantitatif ini mengumpulkan data melalui survei kuesioner yang diberikan kepada 450 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data tersebut dianalisis untuk memahami hubungan antara faktor promosi seperti frekuensi dan kualitas serta relevansi penawaran terhadap dimensi perilaku pembelian yang meliputi perhatian, minat, keinginan, keputusan, dan tindakan dari konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program PWP mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku pembelian konsumen. 75 persen dari seluruh responden menunjukkan ketertarikan terhadap promosi sehubungan dengan barangnya, sementara 60 persen menyebutkan bahwa promosi tersebut dipengaruhi oleh harga diskon. Penelitian menyimpulkan bahwa perilaku pembelian dan penjualan efektif meningkat dengan adanya program PWP. Disarankan bagi Alfamart untuk menambah variasi produk dan mengakses saluran komunikasi yang lebih luas untuk menyasar lebih banyak konsumen.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-26