ANALISIS KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL BK3S JAWA TIMUR DALAM MENINGKATKAN KESETARAAN BAGI INSAN DOWN SYNDROME

Penulis

  • Nurus Faizur Rochman Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Kun Muhammad Adi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Down Syndrome, media sosial, BK3S Jawa Timur

Abstrak

Kesetaraan sosial bagi insan Down Syndrome adalah isu penting yang memerlukan perhatian serius. Media sosial, terutama Instagram telah menjadi alat efektif untuk mendukung kampanye kesetaraan. Penelitian ini menganalisis penggunaan Instagram oleh Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Jawa Timur (@bkkksjatim) dalam mempromosikan lomba "Down Syndrome’s Got Talent" dan "Lomba Fotogenik". Menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis konten, penelitian ini mengevaluasi strategi komunikasi melalui visualisasi konten, teks, dan keterlibatan audiens. Hasil menunjukkan bahwa BK3S Jatim berhasil menggunakan konten visual yang kuat dan informasi rinci, meskipun engagement masih rendah. Untuk meningkatkan keterlibatan, strategi tambahan seperti penggunaan hashtag relevan, interaksi aktif dengan audiens, dan kolaborasi dengan influencer disarankan. Studi ini mendukung temuan bahwa kampanye media sosial yang terkonsep baik dapat meningkatkan kesadaran dan dukungan terhadap isu-isu disabilitas, serta menegaskan potensi besar media sosial dalam menciptakan dampak sosial yang positif bagi insan Down Syndrome

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-26