IMPLEMENTASI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS LAWASSINAJ
Kata Kunci:
Integrated Marketing Communication, Brand Awareness, Studi KasusAbstrak
Lawassinaja merupakan toko online yang menawarkan berbagai jenis kamera analog dan kamera pocket bekas seperti Canon, Kodak, Fujifilm, Nikon, dll. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Integrated Marketing Communication dalam membangun brand awareness Lawassinaja yang mana berkaitan dengan teori IMC. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis terhadap enam elemen pemasaran IMC, hasil penelitian menunjukkan bahwa Lawassinaja telah berhasil menerapkan beberapa strategi dengan baik, terutama dalam periklanan, pemasaran langsung, promosi penjualan dan pemasaran Internet/digital. Strategi tersebut terbukti efektif dalam meningkatkan brand awareness di kalangan generasi milenial dan Gen Z sebagai target pasar utama. Namun, Lawassinaja belum menggunakan strategi penjualan perseorangan dan hubungan masyarakat karena keterbatasan media tradisional, kurangnya interaksi, serta tantangan dalam mengelola krisis. Meski begitu, menurut informan, hal ini tidak menjadi hambatan besar dalam upaya meningkatkan kesadaran merek mereka saat ini.