Muhammad Ilham Ibrahim
Kata Kunci:
Tayanagan Youtube, Persepsi, E-SportsAbstrak
Maraknya perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi telah menyebabkan
perubahan sosial dan berbagai inovasi dalam hal komunikasi. Berkembangnya teknologi dalam
konteks media baru memunculkan ruang-ruang berupa platform untuk bertukar informasi, atau
mencari hiburan. Salah satu inovasi lain yang muncul akibat pesatnya internet ialah hadirnya
game online atau juga disebut E-Sports. Berkembangnya olahraga elektronik di Indonesia
memunculkan sebuah segmen atau konten baru yang menjadi topik bahasan di media massa
khususnya media online atau media baru. Salah satunya ialah konten dari kanal YouTube
Jonathan Liandi yang bertajuk “Empeshow”. Meskipun tayangan tersebut merupakan konten
baru di media massa, rupanya Empeshow mendapat lonjakan penonton yang cukup signifikan
pada awal penayangannya. Empeshow rupanya juga memiliki jumlah penonton yang konsisten
dan stabil. Sejak penayangan pertamanya, viewers dari konten tersebut relatif meningkat.
Bagaimana Empeshow dapat bertumbuh dengan begitu pesatnya? Di samping konten tersebut
merupakan jenis konten baru yang belum pernah ada sebelumnya. Penelitian ini ingin
mengetahui persepsi penonton terhadap tayangan Empeshow.