PERAN INTERAKTIVITAS HOST LIVE DALAM MENCIPTAKAN IMPULSE BUYING (ANALISIS ISI ETNOFRAFI AKUN GLAD2GLOW PADA EVENT SHOPEE 11.11 BIG SALE)

Penulis

  • Fenny Wahyu Nur Fitria Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • A.A.I. Prihandari Satvikadewi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Amalia Nurul Muthmainnah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Interaktivitas, Live Shopee, Impuse Buying

Abstrak

Shopee live dengan penggabungan media sosial dan juga belanja online yang bertujuan
memberikan pengalaman secara interaktif bagi penonton maupun konsumen. Dalam dunia
digital, interaktivitas menciptakan pengalaman yang dinamis, di mana pengguna dapat
memberikan umpan balik, menerima respons secara langsung, dan bahkan mempengaruhi hasil
atau proses interaksi. Penelitian ini menggunakan analisis isi media kualitatif atau Ethnographic
Content Analysis/ECA, yang bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk interaktivitas host live
shopee Glad2Glow untuk menciptakan impulse buying pada event 11.11 Big Sale. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan, interaktivitas memiliki peranan penting dalam menciptakan
pengalaman berbelanja yang lebih menarik bagi konsumen. Interaksi real-time, meningkatkan
keterlibatan emosional dan rasa dihargai, yang mendorong keputusan pembelian spontan.
Interaktivitas juga mengurangi hambatan kognitif dengan memberikan informasi langsung dan
relevan yang membantu konsumen mengatasi keraguan, sehingga mereka lebih cenderung
membeli secara impulsif.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-26