STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN YELLOW FLOWER LIVING WATER DALAM MEMPERKENALKAN EP “THE GREAT UNCONFORMITY” DI SKENA MUSIK SURABAYA

Penulis

  • Farreldiora Arsi Putri Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Beta Puspitaning Ayodya Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Irmashanthi Danadharta Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Komunikasi Pemasran, IMC, Yellow Flower Living Water

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh
Yellow Flower Living Water dalam memperkenalkan rilisan EP "The Great Unconformity" di
skena musik Surabaya. Dengan menggunakan konsep Integrated Marketing Communication
(IMC) dari Kotler dan Armstrong, penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif melalui wawancara, observasi, dan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa YFLW menggabungkan lima model komunikasi pemasaran, yaitu periklanan melalui
Instagram dan X untuk menjangkau audiens yang lebih luas, promosi penjualan melalui press
release, kolaborasi merchandise, dan distribusi gigs, serta optimalisasi media sosial untuk
meningkatkan engagement dan eksposur. Strategi personal selling diterapkan melalui interaksi
langsung di media sosial untuk mempererat hubungan dengan penggemar, sedangkan
pemasaran langsung dilakukan melalui penjualan merchandise di gigs, tur, dan showcase untuk
memperkuat koneksi personal dengan audiens. Melalui strategi ini, Yellow Flower Living
Water berhasil memanfaatkan berbagai elemen komunikasi pemasaran untuk meningkatkan
visibilitas EP "The Great Unconformity," membangun citra mereka di skena musik lokal, serta
membuka peluang untuk ekspansi audiens ke tingkat yang lebih luas.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-26