PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU KEPADA SISWA DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SDN WEDOROKLURAK CANDI SIDOARJO

Penulis

  • Bagas Dwi Satria Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mohammad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muchamad Rizqi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Komunikasi Interpersonal, Pendidikan Karakter, Perspektif Humanistik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendekatan komunikasi interpersonal guru kepada
siswa dalam menanamkan pendidikan karakter di SDN Wedoroklurak Candi Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara terhadap tiga
informan utama, yaitu para guru yang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Fokus
penelitian mencakup penerapan keterbukaan, empati, sikap mendukung, dan sikap positif
sebagai elemen utama dalam perspektif humanistik untuk mendukung pembentukan karakter
siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai strategi, seperti
menciptakan suasana pembelajaran yang inklusif, memberikan perhatian personal, hingga
memotivasi siswa melalui apresiasi atas usaha mereka. Selain itu, ditemukan bahwa
pendekatan ini menciptakan hubungan yang harmonis antara guru dan siswa, yang secara
efektif mendukung perkembangan karakter seperti kepercayaan diri, kejujuran, dan tanggung
jawab. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman tentang bagaimana
komunikasi interpersonal dapat digunakan sebagai alat untuk menanamkan nilai-nilai karakter
dalam lingkungan pendidikan dasar, serta menjadi referensi bagi penelitian serupa di masa
depan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-26