Strategi Promosi Pariwisata Disbudparpora Kota Madiun Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Pada Event Parade Senja

Penulis

  • Anugerah Rimdhany Fauzan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Teguh Priyo Sadono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mohammad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Strategi Promosi, Even Pariwisata, Bauran Promosi

Abstrak

Kota Madiun merupakan salah satu Kota di Provinsi Jawa Timur yang tidak memiliki potensi
wisata alam namun memiliki letak yang strategis. Hal ini menjadi tantangan Kota Madiun
untuk terus berinovasi mengembangkan daya tarik wisata. Selain melakukan inovasi
pembangunan wisata kota, salah satu upaya yang dilakukan oleh Disbudapora Kota Madiun
adalah dengan menyelenggarakan event Parade Senja. Adanya event Parade Senja ini
tentunya dapat menjadi daya tarik Pariwisata namun agara event ini dapat dikenal oleh
masyarakat luas tentunya mermerlukan adanya promosi adri pihak terkait. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi Pariwisata Disbudparpora Kota
Madiun dalam meningkatkan kunjungan wisatawan melalui event Parade Senja. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian eksploratif. Dari analisis hasil
temuan yang dilakukan ditemukan bahwa Disbudparpora Kota Madiun telah menerpakan
elemen bauran promosi yaitu periklanan, hubungan masyarakat, dan informasi dari mulut ke
mulut, serta didukung dengan penerapan teori AIDA.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-26