PEMAKNAAN KONTEN PSIKOLOGI KEUANGAN OLEH MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA

Penulis

  • Victoria Angelina Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Merry Fridha Tri Palupi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Herlina Kusumaningrum Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Analisis Resepsi, Keuangan, Pengembangan Diri, Psikologi Keuangan, Satu Persen

Abstrak

Pengembangan diri merupakan isu yang menarik perhatian masyarakat belakangan dan menjadi penting untuk dibahas karena memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sisi internal seperti kondisi psikis dan emosional serta sisi eksternal individu yang mencakup lingkup sosial di mana kedua aspek itu sendiri pada akhirnya mempengaruhi seseorang dalam hal berpikir, bertingkah laku dan berinteraksi dengan sesama. Pola berpikir yang mempengaruhi individu dalam konteks pengembangan diri sejatinya dapat menjurus pada berbagai macam aspek contohnya perihal keuangan, keuangan sendiri merupakan isu yang terbilang sensitif dan dapat membentuk kepribadian seseorang berdasarkan besaran dana yang dimiliki. Berkaca pada susunan teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow pengembangan diri dan keuangan termasuk dalam kebutuhan mendasar, jika kebutuhan mendasar tidak terpenuhi maka kebutuhan lainnya tidak dapat terpenuhi. Satu Persen secara singkat melalui tayangan video berdurasi 10 sampai dengan 25 menit mengedukasi para pengikutnya utamanya generasi Z perihal pengelolaan keuangan melalui kanal youtube dengan topik Psikologi Keuangan. Penelitian ini berupaya untuk diketahui resepsinya oleh enam orang informan yaitu Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya terkait tayangan video Psikologi Keuangan yang terdapat pada kanal youtube Satu Persen, untuk itu metode penelitian yang digunakan adalah analisis resepsi Stuart Hall. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga tipe khalayak aktif menurut Stuart Hall dalam penelitian ini diantaranya Hegemonic Dominant Position berjumlah tiga orang informan, Negotiated Position berjumlah dua orang informan dan Oppositional Position berjumlah satu orang informan. Resepsi yang disampaikan oleh para informan berdasarkan pada pola pikir yang cukup kritis dan berdasarkan pada realita yang ada, pengalaman dan juga kondisi lingkungan sekitar informan

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-10