Analisis Isi Konten Perkembangan Diri Pada Segment #Ternyata Begini Akun Youtube Cretivox

Penulis

  • Toriq Huda Setiawan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Merry Fridha Tri Palupi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Beta Puspitaning Ayodya Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Analisis isi, perkembangan diri, Youtube, creativox

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten perkembangan diri pada segment
#TernyataBegini pada akun Youtube Cretivox. Analisis dilakukan dengan menggunakan teori
Computer Mediated Communication untuk mengidentifikasi faktor – faktor yang
berkontribusi terhadap penonton Cretivox. Metode penelitian ini menggunakan metode
analisis isi terhadap konten yang termasuk kedalam segment #TernyataBegini pada akun
Cretivox. Data penelitian diambil dari video – video yang diunggah dalam rentang waktu 14
Juli – 11 November 2022. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan
dokumentasi terhadap video yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa konten
perkembangan diri pada segment #TernyataBegini pada akun Youtube Cretivox memiliki
beberapa karakteristik yang mungkin menyebabkan minat penonton. Hal tersebut dilihat dari
kategori yang dibuat oleh peneliti berupa konten post (view), karakteristik pesan
perkembangan diri, dan periode publikasi konten mulai dari bulan Juli hingga November.
Bedasarkan temuan ini, rekomendasi untuk meingkatkan minat penonton terhadap konten
perkembangan diri pada segment #TernyataBegini di akun Youtube Cretivox untuk
meningkatkan keunikan dan kebaruan konten, meningkatkan kualitas presentase dengan
melihat aspek visual yang menarik

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-10