Strategi Komunikasi Melalui Instagram @ikoy2an Arief Muhammad Dalam Membangun Personal Branding

Penulis

  • Sidhiq M AsySyifa Bz Zakaria, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muchamad Rizqi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ni Made Ida Pratiwi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Strategi Komunikasi, Self Presentation, Personal Branding

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses strategi komunikasi yang dilakukan oleh @ikoy2an Arief Muhammad dalam upayanya membangun personal branding melalui Instagram. Penelitian ini menggunakan teori Self Presentation oleh Erving Goffman sebagai kerangka teoritis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang melibatkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak enam orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi @ikoy2an yang menggunakan Arief Muhammad sebagai komunikator utama berdasarkan popularitas dan kemampuannya dalam berinteraksi dengan audiens. Dengan fokus pada pengguna aktif media sosial yang tertarik pada hiburan dan hadiah, strategi ini menggunakan pesan-pesan sederhana dan mengundang interaksi untuk menarik perhatian dan keterlibatan pengikut. Instagram, khususnya melalui fitur Instagram Stories, digunakan sebagai media utama untuk berinteraksi langsung dengan pengikut, seperti mengajukan pertanyaan, dan memberikan informasi tentang konten berbagi hadiah. Gaya komunikasi unik, penyesuaian konten dengan minat pengikut, dan kolaborasi dengan pengguna lain menjadi faktor penting dalam membangun personal branding Arief Muhammad dalam strategi ini.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-10