Proses Penetrasi Sosial Pada Pertemanan di Second Account Instagram (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Untag Surabaya)

Penulis

  • Shafira Dinda Febriola, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mohammad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Herlina Kusumaningrum Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Hubungan Pertemanan, Second Account Instagram, Teori Penetrasi Sosial

Abstrak

Membangun hubungan pertemanan pastinya membutuhkan proses untuk mencapai tingkat kedekatan yang diinginkan. Majunya teknologi, membuat individu pada jaman sekarang kerap menggunakan Second Account Instagram sebagai sarana mengekspresikan diri dengan bebas dan mempererat circle pertemanan yang kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penetrasi sosial pada pertemanan di second account Instagram. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Semester 8. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan teori penetrasi sosial guna membantu pemecahan

bagaimana subjek penelitian dalam membangun hubungan pertemanan dari tingkatan superfisial hingga tingkatan intimate lalu ditambahkan ke second account Instagramnya. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini ialah subjek menambahkan atau memasukkan teman ke second account Instagramnya karena suatu hal yang menurut standar keinginannya sudah mencukupi (seperti komunikasi lancar, tidak judgmental, menerima apa adanya, bisa dipercaya, terbuka, sefrekuensi, tidak julid, saling melengkapi, humor yang nyambung, hobi atau kesukaan yang sama, easy going & talkative dll) sehingga subjek penelitian tidak harus memiliki hubungan yang sangat dekat atau intimate atau intensitas yang tinggi terlebih dahulu dengan temannya. Selain itu, subjek juga bisa mengetahui capaian tingkatan pertemanan yang mereka bangun selama ini.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-10