Representasi Nilai Maskulin Pada Tokoh Dewi Sri Dalam Iklan Marjan ‘Dewi Sri Sang Pelindung’

Penulis

  • Yulia Putri Asri Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Teguh Priyo Sadono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Dewi Sri Andika Rusmana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Representasi, Iklan, Maskulin, Analisis Semiotika

Abstrak

Iklan Marjan ‘Dewi Sri Sang Pelindung’ merupakan iklan yang mengandung sebuah makna yang dapat membangun semangat para penontonnya. Alasan meneliti iklan ini karena dalam iklan Marjan 2022 mengandung sebuah pertukaran pengklasifikasian gender, yang mana Dewi Sri sebagai tokoh utama memiliki sifat yang maskulin. Seperti yang diketahui oleh masyarakat, sifat maskulin identik dengan laki-laki, sedangkan feminin adalah sifat yang identik dengan perempuan. Tujuan dari penelitian ini untuk membongkar adanya nilai maskulinitas pada Dewi Sri dalam iklan Marjan ‘Dewi Sri Sang Pelindung”. Penelitian ini menggunakan teori representasi miliki Stuart Hall dan metode analisis semiotika miliki Charles Sanders Peirce yang dibagi menjadi 3 kategori yaitu Sign, Object, dan Interpretant. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya nilai maskulin yang dimiliki oleh tokoh Dewi Sri terlihat dari aktivitas dan aksi yang ditampilkan dalam iklan Marjan ‘Dewi Sri Sang Pelindung’

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-10