MEKANISME PELAYANAN DAN PELAPORAN ADMINISTRASI PEMBUATAN DOKUMEN UTAMA UMROH & HAJI PT. RIANDHA KAMIL SEJAHTERA KOTA SURABAYA

Authors

  • Afiyah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Adi Susiantoro Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Administrasi, pelayanan publik, umroh, haji, PT. riandha kamil sejahtera

Abstract

ABSTRAK

Pelayanan administrasi dalam penyelenggaraan ibadah umroh dan haji memiliki peran penting dalam menjamin kelancaran keberangkatan jamaah. Artikel ini mengkaji mekanisme pelayanan dan pelaporan administrasi pembuatan dokumen utama jamaah umroh dan haji di PT. Riandha Kamil Sejahtera Surabaya berdasarkan kegiatan magang. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan observasi langsung, dokumentasi, dan studi kasus. Hasil menunjukkan bahwa proses administrasi terdiri dari beberapa tahapan, yaitu pendaftaran digital, pengumpulan dokumen, pembuatan manifest, apply visa melalui platform Nusuk, pelaporan ke sistem SISKOPATUH, serta penyusunan itinerary keberangkatan. Selain itu, praktikan juga berperan serta tidak hanya dalam administrasi tetapi juga terlibat dalam proses memastikan jamaah berangkat dan pulang dengan selamat sampai bertemu dengan keluarga. Faktor pendukung meliputi sistem digital terintegrasi dan kerja tim yang solid, sedangkan hambatan mencakup keterlambatan dokumen jamaah dan kendala teknis sistem. Disarankan agar perusahaan mengadopsi sistem pengingat otomatis dan penguatan SOP untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan.

 

References

Dwiatma, B. K. (2019). Etika Bisnis Islam Dalam Pelayan Haji dan Umroh. Jurnal Ilmu Dakwah Dan Pembangunan, XIV(1), 59–70.

Dwiyanto, A. (2014). MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE MELALUI PELAYANAN PUBLIK. http://ugmpress.ugm.ac.id/id/product/sosial-politik/mewujudkan-good-governance-melalui-pelayanan-publik

Firdaus, H., Aziz, A., & Ghafur, A. (2023). Efektifitas Sistem Pelayanan Haji dan Umroh Dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah di PT. Safara Layanan Utama Probolinggo. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 7(1), 61–72. https://doi.org/10.30631/iltizam.v7i1.1795

Herlyanda, D. F., Ali, M., M, N. W., Ayu, W., & Sholihah, N. (2019). Manajemen Pelayanan Haji dan Umroh di Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 1(1), 43–56. https://doi.org/10.15642/japi.2019.1.1.43-56

Informasi Haji. (2025a). Grafik Jemaah Umrah Indonesia Januari - April 2025. Instagram. https://www.instagram.com/p/DIdbHiQy2OI/

Informasi Haji. (2025b). Kuota Haji Khusus Indonesia dari Tahun 2022 Hingga April 2025. Instagram. https://www.instagram.com/p/DIiXWUwScXV/

Karjaya, L. P. (2020). Implementasi Konsep Halal Tourism Dan Konvensional Thailand Dalam Meningkatkan Foreign Direct Investment di Nusa Tenggara Barat. Indonesian Journal of Peace and Security Studies (IJPSS), 2(1), 63–89. https://doi.org/10.29303/ijpss.v2i1.37

Mulkin, F., Angga, L., & Fataruba, S. (2021). Kajian Hukum Islam Terhadap Kebijakan Pemerintah Atas PemberianKuota Lebih Kepada Jemaah Haji. Jurnal Ilmu Hukum, 1(7), 708–721.

Wulandari, & Utami, K. (2022). Evaluasi Pelayanan Tour Leader PT Al Hijaz Terhadap Jamaah Umrah Pada PT Al Hijaz Tahun 2019. MULTAZAM : Jurnal Manajemen Haji Dan Umrah, 2(1), 91–103.

Zuliah, A., & Pulungan, M. A. (2020). Pelayanan Publik Dalam Kajian Hukum Administrasi Negara Dan Hak Asasi Manusia. Law Jurnal, 1(1), 32–42. https://doi.org/10.46576/lj.v1i1.786

Published

2025-03-10