IMPLEMENTASI PELAYANAN SATU PINTU: MENDORONG EFEKTIVITAS DAN TRANSPARANSI PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PENDIDIKAN KOTA SURABAYA
Keywords:
Keywords : Integrated service, public bureaucracy, digital archive, service efficiency, transparencyAbstract
Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) merupakan inovasi reformasi birokrasi yang bertujuan meningkatkan efisiensi dan transparansi layanan publik. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menganalisis implementasi PTSP di Dinas Pendidikan Kota Surabaya melalui pendekatan observatif dan partisipatif selama kegiatan magang. Metode yang digunakan meliputi orientasi, observasi langsung proses layanan, keterlibatan dalam administrasi pelayanan, serta evaluasi terhadap efektivitas implementasi PTSP. Hasil menunjukkan bahwa sistem PTSP berhasil menyederhanakan alur birokrasi, mempercepat waktu layanan, meningkatkan akuntabilitas informasi, serta memperkuat profesionalisme petugas. Penggunaan teknologi digital seperti pengelolaan arsip elektronik juga menjadi langkah penting dalam modernisasi pelayanan. Namun, masih ditemukan hambatan seperti keterbatasan sumber daya manusia pada waktu sibuk dan belum menyeluruhnya integrasi layanan ke dalam sistem PTSP. Kesimpulannya, PTSP di Dinas Pendidikan Kota Surabaya telah berjalan di jalur yang tepat menuju pelayanan publik yang modern dan adaptif, tetapi masih memerlukan penguatan sistem digital, peningkatan SDM, dan perluasan cakupan layanan untuk mencapai optimalisasi pelayanan yang menyeluruh.
References
AMIN, A. (2023). Efektivitas Pelayanan Publik Pendidikan Melalui Ptsp Di Mts Negeri 4 Kota Surabaya. JISP (Jurnal Inovasi Sektor Publik), 2(3), 82–96. https://doi.org/10.38156/jisp.v2i3.157
Ilmu, S., Negara, A., Ilmu, F., Surabaya, U. N., Ilmu, S., Negara, A., Ilmu, F., & Surabaya, U. N. (2014). Formal Maupun Non Formal Berbasis Digital Di Dinas Pendidikan Kota Muhammad Dikry Romdhonie Trenda Aktiva Oktariyanda Abstrak. 2067–2082.
Ilmu, S., Negara, A., Publik, J. A., Ilmu, F., Ilmu, S., Negara, A., Publik, J. A., & Ilmu, F. (2013). Evaluasi Layanan Surabaya Single Window ( SSW ) Pada Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA ) Kota Surabaya Yazid Dwi Kurniawan Indah Prabawati. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Volume 9 N, 227–238.
Kushartiningsih, R., & Riharjo, I. B. (2021). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi Dan Pengawasan Terhadap Kinerja Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi , 10(3), 1–18.
Maningkue, R. L., Sambiran, S., & Sumampow, I. (2022). Efektivitas Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perijinan Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Manado. Governance, 2(1), 2022. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/governance/article/view/40347%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/governance/article/viewFile/40347/36134
Rizky Fitriyansyah, Aries Djaenuri, & Mansyur. (2020). Efektivitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Aceh. VISIONER : Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia, 12(4), 685–694. https://doi.org/10.54783/jv.v12i4.329
Tatut Anjani, Sampara Lukman, H. R. (2018). Efektivitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Aceh Tamiang Provinsi Aceh. Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial Dan Budaya, 2(3), 33–41. https://doi.org/10.54783/jv.v11i3.203
