PEMBUATAN KONTEN FEED MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN PADA PELANGGAN PDAM KOTA SURABAYA

Authors

  • Shinta Arvianti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Eddy Wahyudi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

: Public Services, Social Media Content, PDAM Kota Surabaya, Public Relations Activities

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum Surya Sembada Kota Surabaya merupakan salah satu unit milik daerah.yang bergerak dalam memberikan distribusi air bersih bagi masyarakat. Perusahaan ini menggunakan sistem media sosial seperti ; Instagram dalam pemberian informasi kepada masyarakat yang bertanggung jawab dalam memberikan informasi adalah divisi Hubungan Masyarakat. Selain itu juga bertanggung jawab untuk memberikan konten informasi di sosial media PDAM seperti informasi gangguan air dan daerah yang terdampak, informasi cara pasang pipa baru dan sebagainya. Tujuan penelitian ini agar masyarakat lebih mengetahui informasi mengenai PDAM. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif-Deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa masyarakat sudah mengetahui berbagai informasi yang telah disajikan oleh PDAM Surya Sembada di postingan konten akun sosial media seperti tersedianya informasi gangguan air, dan daerah yang terdampak, informasi pembayaran tagihan dan sebagainya. Dapat disimpulkan bahwa hasil desain konten feed instagram dalam menyampaikan informasi berjalan secara efektif untuk meningkatkan kesadaran kepada masyarakat dan disarankan untuk meningkatkan inovasi desain dan kreativitasnya agar berhasil di masa mendatang. 

References

Abriantoro, D. D., & Wiksana, W. A. (2023). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Instagram Feeds Pemerintah Kota Cirebon. Bandung Conference Series: Public Relations, 3(2), 379–386. https://doi.org/10.29313/bcspr.v3i2.7200

Agung Imawan, Y., & Dwi Pribadi, J. (n.d.). PEMBUATAN DESAIN FEED INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA FALAHFOOD.ID.

Komunikasi Di Pemerintahan Kabupaten, D., Nur Azizah, I., & Sufyan Abdurrahman, M. (n.d.). Pemanfaatan Akun Instagram @Kabupaten.Bogor Sebagai Media Informasi Utilization Of The Instagram Account @Kabupaten.Bogor As A District Government Information And Communication Media (Qualitative Descriptive Study Of Content About Bogor Regency Government On Instagram).

Rahmawati, E. P., & Purwanto, S. (2022). OPTIMASI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI PENUNJANG DIGITAL MARKETING PADA PT DISTY TEKNOLOGI INDONESIA. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2, Issue 3). https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index

Yulianto, U. H. (2023). Dampak Penerapan Sosial CRM dan Peran Instagram sebagai Alat Promosi Pariwisata (Jawa Timur Park3). Jesya, 6(2), 2230–2241. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1215

Aulia Grisatita, J., Lestari, M. T., Komunikasi, I., & Masyarakat, H. (n.d.). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Instagram Rok Galiya Sebagai Media Komunikasi Pemasaran. www.rokgaliya.co.id,

Tinjauan Strategi Content Marketing Melalui Instagram (Studi Kasus Pada PT Refika Aditama Tahun 2022). (n.d.). https://bbs.binus.ac.id/gbm/2017/03/08/social-media-

Published

2024-03-20