PENDAMPING PELAYANAN DI MALL PELAYANAN PUBLIK DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI KOTA SIDOARJO

Authors

  • Farsya Salsabila Putri -
  • Achluddin Ibnu Rochim Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Partisipasi, Pelayanan Publik, Mall Pelayanan Publik

Abstract

Pendampingan pelayanan yang dilakukan di Mall Pelayanan Publik Sidoarjo merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di kota Sidoarjo. Dengan adanya program magang mahasiswa Universitas 17 Agustus  1945 di Mall Pelayanan Publik, masyarakat dapat terbantu oleh pelayanan yang diberikan oleh berbagai instansi pemerintahan dan menggunakan sarana prasarana yang terbaik dalam memberikan layanan. Pendampingan pelayanan yang dilakukan Mall Pelayanan Publik memberikan dampak yang positif kepada masyarakat sehingga semakin mudah dalam dalam pengurusan pelayanan secara online maupun offline. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pelayanan yang diberikan oleh pemerintah. Hasil dari analisis kegiatan magang yang dilakukan di Mall Pelayanan Publik memberikan pemahaman dan pendampingan pelayanan menjamin kualitas prima dan berkelas, serta memberikan pelayanan dengan memberikan kemudahan akses untuk masyarakat. Pelayanan yang diberikan meliputi berbagai dinas, seperti Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Dinas Sosial, Badan Pelayanan Pajak Daerah, dan lain lain. 

References

Indrayana, S. (2024). Optimalisasi Program Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sidoarjo Guna Mempermudah Layanan Publik Di Era Digital. 4, 1842–1850.

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Trihantana, R., Suryani, E., & Halimatussa’diyah, S. (2022). Penyuluhan Akuntansi Bisnis Syariah Kewirausahaan Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kampung Cengal, Desa Karacak, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Sahid Empowerment Journal, 1(02), 46–51. https://doi.org/10.56406/sahidempowermentjournal.v1i02.49

Published

2024-03-16