OPTIMALISASI PROGRAM KALIMASADA MELALUI PENDAMPINGAN JEMPUT BOLA DI KELURAHAN MEDOKAN SEMAMPIR
Keywords:
Kalimasada, Jemput Bola, Administrasi Kependudukan, Kelurahan Medokan SemampirAbstract
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya dalam proses pengimplementasian Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 14 Tahun 2014 melalui kegiatan Magang Bersertifikat oleh seluruh Mahasiswa Perguruan tinggi se-indonesia. Kegiatan pengabdian difokuskan pada program Kalimasada (Kawasan Lingkungan Sadar Administrasi Kependudukan) yang ditempatkan di setiap kelurahan atau kecamatan yang ada di Kota Surabaya. Dengan adanya program Kalimasada ini, mahasiswa diharapkan mampu untuk menciptakan Kawasan lingkungan yang tertib dan sadar akan pentingnya administrasi kependudukan. Program Kalimasada berfungsi untuk memastikan kesesuaian dokumen administrasi kependudukan yang dimiliki oleh Masyarakat berdasarkan dengan “de facto dan de jure”. Metode pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa saat melakukan kegiatan pengabdian adalah melalui pendampingan Jemput Bola bersama dengan RT maupun RW ke rumah warga secara langsung. Bahan yang digunakan dalam penulisan artikel pengabdian ini menggunakan bahan primer berupa hasil wawancara secara langsung dengan sasaran atau target program kalimasada melalui laman https://kalimasada.disdukcapilsurabaya.id/login/index.php. Selain itu, Adapun juga bahan sekunder yang dijadikan pedoman oleh penulis dalam menyusun artikel pengabdian ini berupa jurnal ilmiah yang terpublikasi. Berdasarkan artikel pengabdian masyarakat yang disusun oleh penulis, bahwa Optimalisasi Program Kalimasada Melalui Pendampingan Jemput Bola di Kelurahan Medokan Semampir berjalan dengan baik berdasarkan peningkatan sumber daya manusia di Kelurahan Medokan Semampir terkait keterampilan dan Pengetahuan akan pentingnya kesadaran dalam administrasi kependudukan.
References
Aris, M., Agustang, A., & Idkhan, A. M. (2021). Efektifitas Pelayanan Aparatur Sipil Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Jurnal Goernance and Politics (JGP), 127-133.
Lokabora, M. Y., & Fithriana, N. (2018). Inovasi Jemput Bola Administrasi Kependudukan (Jebol Anduk) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 64-69.
Putri, S. N. (2022). Optimalisasi Kualitas Pelayanan Publik dengan Program Kalimasada Melalui Aplikasi Klampid di Kelurahan Nginden Jangkungan. Community Development Journal, 1112-1117.
Wahyuningtyas, P. D., & Rasyidah, R. (2023). Optimasi Kalimasada dan Kesejahteraan Masyarakat di Kecamatan Gayungan, Kota Surabaya. Community Development Journal, 278-283.
