PENDAMPINGAN PENERIMAAN DAN PENGAMBILAN KLIEN PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL (PMKS) DI UPTD LIPONSOS KEPUTIH

Penulis

  • Octavia Fransiska Mahasiswa
  • Radjikan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Pelayanan, Pembinaan, PMKS

Abstrak

UPTD Liponsos Keputih adalah suatu instansi dalam Dinas Sosial yang bergerak dalam memberi pelayanan kesejahteraan sosial terhadap psikotik, gelandangan dan pengemis, anak jalanan dan wanita tua susila yang berada di Surabaya. . Oleh karena itu, Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) perlu diberikan pembinaan dan pemberdayaan salah satunya melalui edukasi pendidikan dan fasilitas kehidupan yang layak agar mereka mendapatkan kualitas kehidupan yang lebih baik. Seperti yang diketahui bahwa fungsi dinas sosial adalah menyelenggarakan program kesejahteraan sosial diantaranya adalah memberdayakan gelandangan, pengemis dan anak jalanan. Dalam hal ini permasalahan sosial mengenai gelandangan dan pengemis, anak jalanan menjadikan UPTD Liponsos sebagai alat untuk membina, melayani dan mengendalikan angka penyandang masalah kesejahteraan sosial. Pengabdian ini menggunakan jenis pendekatan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan hasil observasi, wawancara dan menggunakan metode penelitian studi kasus. Studi kasus dilakukan untuk menganalisis prosedur pelayanan penerimaan dan pengambilan PMKS di UPTD Liponsos. Bagaimana proses pelayanan penerimaan dan pengambilan tersebut. Data yang dikumpulkan akan dianalisis secara deskriptif untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dan merumuskan strategi yang tepat. Berdasarkan hasil pendampingan yang telah dilaksanakan oleh praktikan di UPTD Liponsos Keputih adalah pelayanan penerimaan dan pengambilan klien PMKS UPTD Liponsos Keputih.

 Kata Kunci : Pelayanan, Pembinaan, PMKS.

Referensi

Hardiyansyah, H. 2018. “Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator Dan Implementasinya.” http://eprints.binadarma.ac.id/3820/%0Ahttp://eprints.binadarma.ac.id/3820/1/Kualitas Pelayanan Publik.pdf.

Moerni, Iga Sri, and Arief Darmawan. 2021. “PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, Vol. 1 No. 1 (2021).” 1(1): 51–58.

Purwanto, Zaenal. 2021. “Oleh : Zaenal Purwanto (1861183).” (1861183).

Zhafirah Puspitasari, Nira, and Ertien Rining Nawangsari. 2022. “Strategi Dinas Sosial Dalam Penanganan Gelandangan Penderita Psikotik Di Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Keputih Surabaya.” Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora 8(4): 602–8.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-19