PEMANFAATAN WEBSITE PLAFON DUKCAPIL DALAM RANGKA PERCEPATAN KEPEMILIKAN DOKUMEN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KABUPATEN SIDOARJO

Authors

  • Nanda Helmalia Putri Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Adi Soesiantoro Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan, Plavon Dukcapil

Abstract

Salah satu tugas pokok terpenting pemerintah adalah memberikan pelayanan publik. Adanya inovasi pelayanan publik dapat membuat pelayanan menjadi lebih efektif dan efisien, masyarakat juga dapat lebih cepat dalam diberikan pelayanan. Digitalisasi pelayanan masyarakat mulai digaungkan oleh Pemkab Sidoarjo. Sejumlah pelayanan publik sudah menggunakan aplikasi. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang langsung ke kantor pelayanan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian bagi mahasiswa merupakan kegiatan wajib, dimana dalam kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa pada salah satu instansi yaitu Dispendukcapil (Mall Pelayanan Publik Kabupaten Sidoarjo) dengan tujuan untuk membantu pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan dan mengoptimalkan program Plafon Dukcapil Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi partisipasi aktif, wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada kegiatan pengabdian ini mahasiswa membantu pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan melalui website Plafon Dukcapil Sidoarjo. Plafon Dukcapil adalah Pelayanan Via Online Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, yang merupakan salah satu inovasi pelayananan yang dikembangkan oleh Dispendukcapil berbasis internet (web). Seperti, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Kartu Keluarga (KK), hingga surat pindah. Kecuali perekaman e-KTP yang harus datang langsung ke kantor. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini memberikan beberapa dampak, ini terbukti dari respon positif yang diberikan oleh masyarakat terkait dengan pelayanan yang telah diberikan dan merasa terbantu dengan adanya peran dari mahasiswa pengabdian ini.

References

Arini, Nisa Dwi, and Yusuf Hariyoko. 2023. “Optimalisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kantor Kelurahan Rangkah, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya.” ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2 (2): 713–18.

BANAT, MI ROUDLOTUL. n.d. “Plavon Dukcapil (Pelayanan Kepengurusan Dokumen Administrasi Kependudukan Secara Online) Sidoarjo.” https://miroudlotulbanat.sch.id/read/8/plavon-dukcapil-pelayanan-kepengurusan-dokumen-administrasi-kependudukan-secara-online-sidoarjo.

Irianto, Heru, Bagus Ananda Kurniawan, and Anita Mulyono. 2022. “Optimalisasi Pelayanan Untuk Mewujudkan Good Governance Di Mal Pelayanan Publik Mini Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo.” Jurnal Administrasi Publuk Dan Ilmu Komunikasi 9 (1): 32–40. https://doi.org/10.55499/intelektual.v9i1.67.

Muwardi, Alifiah Arum, and Hendra Sukmana. n.d. “The Effectiveness Of The Dukcapil Plavon Website In Population Administration Services To The Penambangan Village Government [ Efektivitas Website Plavon Dukcapil Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Pemerintah Desa Penambangan ],” 1–10.

Published

2024-01-19