PELAKSANAAN FACE RECOGNITION BOARDING GATE DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI LAYANAN BOARDING DI STASIUN SURABAYA PASARTURI
Kata Kunci:
boarding, kereta api, face recognitionAbstrak
Hampir diseluruh belahan dunia dalam menjalankan aktivitas keseharian seseorang memerlukan banyak sarana dan prasarana, serta timbul beberapa tuntutan kepada penyedia jasa. Dengan tuntutan tersebut, PT KAI membuat sebuah inovasi baru, yakni fasilitas Face Recognition Boarding Gate guna meningkatkan efisiensi ketika boarding. Adapun tujuan pelaksanaan magang ini untuk memenuhi salah satu mata kuliah wajib di Jurusan Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dan dapat membantu pegawai boarding FR untuk melakukan registrasi Face Recognition kepada penumpang kereta. Kegiatan magang ini dilaksanakan selama 40 hari kerja, terhitung sejak tanggal 31 Juli – 22 September 2023. Metode pelaksanaan berupa penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Penelitian ini berfokus pada indikator menurut Tofik (2010) yang menjelaskan bahwa terdapat 3 indikator dari face recognition, yaitu praktis, akurat, dan sekuritas tinggi. Diantara ketiga indikaor tersebut, pelaksanaan Face Recognition dikatakan praktis dan akurat, serta tidak dikategorikan pada sekuritas tinggi. Kesimpulannya bahwa pelayanan pada bidang jasa di Stasiun Surabaya Pasarturi telah menerapkan prinsip pelayanan publik yang memberlakukan boarding dengan menggunakan Face Recognition, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dalam layanan boarding. Sejalan dengan identifikasi masalahnya, adanya mahasiswa magang sangat membantu petugas boarding dalam memberikan layanan kepada penumpang kereta.
Referensi
Bayukri, B., & Fadhly, Z. (2022). Analisis Penerapan Pelayanan Publik Berbasis Online Dalam Revolusi Modern di Kantor BPN ( Badan Pertanahan Nasional ) Kabupaten Nagan Raya. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(9), 553–564. https://doi.org/10.59141/comserva.v1i9.64
Biomantara, K., & Herdiansyah, H. (2019). Peran Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai Infrastruktur Transportasi Wilayah Perkotaan. Cakrawala, 19(1), 1–8. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala
Pramana, Y. I., Harahap, G., & Lubis, M. M. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Kereta Api. Jurnal Ilmiah Pertanian ( JIPERTA), 1(2), 202–211. https://doi.org/10.31289/jiperta.v1i2.77
Public Relations KAI. (2022, September). Terapkan Face Recognition, Boarding Kini Cukup Pindai Wajah. Public Relations KAI. https://www.kai.id/information/full_news/5452-terapkan-face-recognition-boarding-kini-cukup-pindai-wajah
Siregar, R., & Syahputri, N. I. (2018). Pengembangan identifikasi Wajah Menggunakan Fitur Citra Mata Menggunakan Eigenface. Sinkron: Jurnal Dan Penelitian Teknik …, 3, 108–112. http://polgan.ac.id/jurnal/index.php/sinkron/article/view/184%0Ahttps://polgan.ac.id/jurnal/index.php/sinkron/article/download/184/111
Ulya, C. N. (2023). ( FACE RECOGNITION ) TERHADAP KEDISIPLINAN DI.
yunaningsih Ani, Indah Diani, & Septiawan. (2021). Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan Publik MelaluiDigitalisasi. https://www.scribd.com/document/659512202/4336-121-4860-1-10-20210215
