Pendampingan Pelayanan Publik dalam Pembuatan Akta Kematian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jombang
Kata Kunci:
pelayanan publik, pendampingan, administrasi kependudukanAbstrak
,
Proses pelayanan publik merupakan interaksi saling menguntungkan antara lembaga birokrasi pemerintah yang memberikan pelayanan dan masyarakat yang menerima pelayanan. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, sebagai instansi yang memiliki keterlibatan langsung dengan masyarakat, memiliki tanggung jawab untuk memberikan berbagai layanan, termasuk pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil yang mencakup pencatatan peristiwa seperti kelahiran, kematian, pernikahan, perceraian, pengesahan anak, dan pengakuan anak. Kegiatan magang yang dilaksanakan di Dipendukcapil Kabupaten Jombang ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengenalkan praktik kerja secara langsung kepada mahasiswa dalam proses pelayanan publik. Metode yang diterapkan dalam jurnal ini adalah penelitian lapangan, yang merupakan jenis penelitian yang fokus pada gejala atau peristiwa yang terjadi dalam kelompok masyarakat. Hasil yang diperoleh yaitu pendampingan pelayanan publik berjalan dengan baik serta memberikan wawasan tentang proses pendaftaran penduduk, pencatatan, dan pelayanan di loket informasi. Keseluruhan, magang ini diharapkan dapat membantu mahasiswa memahami secara langsung pelayanan administrasi kependudukan, menciptakan kedekatan dengan masyarakat, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi pemerintah.
Referensi
Aspalinda, M., & Sahuri, C. (2013). Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Karimun ( Studi Kasus Pada Pelayanan Akta Kelahiran). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 01 No. 1, 1–10. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/2325
Kurniasih, L. W. (2016). Pelayanan Publik Dalam Menciptakan Pelayanan Prima Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pemalang. Jurnal Tinjauan Kebijakan Publik Dan Manajemen, 5(2), 1–11.
Oktavia, R., & Fernos, J. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Padang. Jurnal Economina, 2(4), 993–1005. https://doi.org/10.55681/economina.v2i4.492
Riska Chyntia Dewi, & Suparno Suparno. (2022). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Media Administrasi, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.56444/jma.v7i1.67
Setiawati, W. (2023). Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Bandung. Grin: Gerbang Riset Inovasi, 1(2), 78–84.
Suandi, S., Muhlisin, Novandy , Rachma, N. Slamet, A. R., Nurjoko, N.-, Saleh, S., Khoiri, S., Hidayattullah, B. H., Furqoni, M., Salfian, H., Wida Lestari, Eka Yulyana, L. A., & Hardiyansyah. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Kependudukan Desa Bangun Rejo Berbasis E-Government. Journal PPS UNISTI, 3(2), 1–12. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23921%0Ahttp://dx.doi.org/10.30873/simada.v2i2.1159
