Pelaksanaan Pendampingan Pelayanan Boarding PT KAI (Persero) DAOP 8 Stasiun Surabaya Pasar Turi

Penulis

  • Sofie Armiera Hadi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Indah Murti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

pendampingan, pelayanan publik, efektifitas

Abstrak

Stasiun Surabaya Pasar Turi dikategorikan sebagai stasiun kereta api kelas besar tipe A, yang
masuk dalam pengelolaan Daerah Operasional (DAOP) 8 Surabaya. Sebagai BUMN yang bergerak dalam penyediaan transportasi umum PT KAI (Persero) terus melakukan inovasi layanan baru berbasis digital untuk terus dapat memberikan pelayanan transportasi terbaik bagi masyarakat. Salah satu inovasi berbasis yang diterapkan di area Stasiun Surabaya Pasar Turi adalah adanya gate boarding dengan sistem Face Recognition (FR) yang bekerja dengan memberikan akses boarding kepada calon penumpang dengan pengenalan wajah saja. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efektivitas pada pelayanan boarding di stasiun. Dalam artikel ini, mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya menguraikan tentang pelaksanaan pendampingan pelayanan boarding PT KAI (Persero) DAOP 8 khususnya yang dilakukan di Stasiun Surabaya Pasar Turi sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan ikut berkolaborasi dengan instansi terkait. Hasil yang ditemukan menunjukkan bahwa layanan boarding baru mulai banyak digunakan oleh calon penumpang kereta api, namun masih juga ditemukan beberapa kendala yang dapat diperbaiki kembali.

Referensi

Handayaningrat, Soewarno. 1996. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. PT.

Gunung Agung, Jakarta.

Sri Rahayu, Isna (9 Juni 2023). "Boarding Kereta Api Hanya dengan "Face Recognition",

Registrasinya Kurang dari 1 Menit". Kompas.com. Jakarta: KG Media. Diakses tanggal 22

November 2023.

UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-15