PENDAMPINGAN PENANAMAN NILAI-NILAI KEPAHLAWANAN MELALUI KEGIATAN SOSIAL DI PROVINSI JAWA TIMUR

Penulis

  • Wisna Junita Lase Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Djoko Widodo Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Pendampingan, Penanaman, Nilai-nilai Kepahlawanan, Sosial

Abstrak

Nilai Kepahlawanan adalah perangkat keyakinan yang merupakan identitas khusus dengan sifat-sifat tertentu yang mengacu pada usaha untuk membela kebenaran. Nilai-nilai Kepahlawanan ada tiga yaitu, nilai keberanian, nilai kesetiaan, dan nilai rela berkorban. Tujuan pengabdian kepada masyarakat yaitu mengembangkan wawasan, keterampilan, dan pengetahuan penulis serta pembekalan kepada para mahasiswa untuk menjadi seseorang yang berkompetensi dan profesional agar siap dalam situasi apapun. Penulis menggunakan beberapa tahapan yaitu observasi, pelaksanaan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil dalam menanamkan nilai-nilai Kepahlawanan melalui kegiatan sosial, Provinsi Jawa Timur tidak lupa akan jasa-jasa para Pahlawanan demi bangsa Indonesia yaitu melalui suatu kegiatan yaitu Ziarah dan Tabur Bunga di Makam setiap tahun. Kemudian memberikan Tali Asih berupa sembako dan souvenir kepada keluarga Pahlawan, Perintis Kemerdekaan guna menghargai jasa-jasa para Pahlawan. Penulis memiliki kesempatan untuk menjadikan dirinya siap dalam situasi apapun. Dari pelaksanaan kegiatan memberikan Tali Asih berupa sembako dan souvenir kepada keluarga Pahlawan setelah Ziarah dan Tabur Bunga, keluarga sangat senang karena Provinsi Jawa Timur masih peduli. Kemudian dalam kegiatan ramah tamah, keluarga Pahlawan merasa terhormat akan kebaikan Provinsi Jawa Timur kepada keluarga.

Referensi

Andina, V. D. (2020). ALFABETA : Jurnal Bahasa , Sastra , dan Pembelajarannya Nilai Kepahlawanan Dalam Serat Kridhawasita ( Kajian Filologi ). 3, 56–62.

Rantan Sari, D., Martono, H., & Wartiningsih, A. (2016). Nilai-nilai kepahlawanan dalam novel aku bukan jamilah karya robert juki ardi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(2), 1–12.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-14