PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBUATAN BUKTI POTONG PAJAK TERHADAP PEGAWAI BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI JAWA TMUR

Penulis

  • Cici Ariyanti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Indah Murti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

SEKRETARIAT DAERAH, PELAYANAN, ASN

Abstrak

Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jawa Timur merupakan unsur pembantu pimpinan daerah yang dipimpin oleh sekretaris daerah dan bertanggung jawab langsung kepada Gubernur (Pergub, 2021). Tugas dari Sekretariat Daerah Provinsi ialah membantu tugas Gubernur dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan, administrasi, organisasi dan tata laksana. Dalam Sekretariat Daerah Provinsi terdapat banyak biro, salah satunya ialah Biro Administrasi Pimpinan. Biro Administrasi Pimpinan meyelenggarakan pembinaan teknis, administrasi dan sumber daya pegawai, dan tugas-tugas keprotokolan. Terdapat tiga bagian dalam biro ini yaitu : bagian protokol pimpinan, bagian perencanaan dan kepegawaian setda, dan bagian materi dan komunikasi pimpinan. Pengembangan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur atau Aparatur Sipil Negara (ASN) pada saat ini menjadi wacana yang mengemuka baik pada sektor publik maupun privat. Hal ini dipicu karena berbagai kemajuan teknologi dan pengetahuan maupun budaya. Pada sektor penyelenggaraan pemerintahan, upaya pengembangan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur mutlak dilaksanakan guna menjawab kritik dan sorotan masyarakat terhadap akuntabilitas kinerja instansi publik dalam mewujudkan pemerintahan yang baik (Good Governence), sehingga dunia usaha (Corporate governance) dan masyarakat (Civil Society) dapat terlayani dengan baik dan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan sosial yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu sangatlah penting apabila upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur ini direncanakan dan disusun melalui suatu program yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan dinamika perubahan.

Referensi

Balafif, N., Ardiantoro, L., & Muttaqin, Z. (2022). Digitalisasi Administrasi Surat Perintah Tugas (SPT) untuk Mendukung Kinerja Aparatur Sipil Negara pada Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur. SUBMIT: Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Dan Sains, 2(1), 10–16.

Daffa, M., Salsabila, A. R., & Noor, T. E. (2022). Perancangan SKPL Sistem Informasi Perjalanan Dinas ASN Pada Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur.

Fadila, C. (2022). Implementasi Peraturan Gubernur Sumatera Utara Nomor 29 Tahun 2020 Dalam Rangka Meningkatkan Pelaksanaan Tugas Pegawai Di Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-08