Pelaksanaan Kegiatan Kepahlawanan, Keperintisan, dan Kesetiakawanan Sosial (K2KS) di Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur

Penulis

  • aldian cholik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muhammad Roisul Basyar Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Internship, service, social service, Magang, pelayanan, dinas sosial

Abstrak

Persaingan yang tinggi di dalam dunia kerja menuntut bekerja sebagai kegiatan mendapatkan pengalaman. Dalam hal ini mendapatkan pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Perguruan Tinggi memberikan gambaran yang secara nyata mengenai dunia kerja bagi para mahasiswa.Dengan mengikuti Program Magang, mahasiswa dapat menambah wawasan dan keterampilan yang tidak mereka dapatkan di universitas serta mengembangkan potensi yang mereka miliki melalui pengalaman nyata yang penuh pembelajaran yang bermanfaat. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode praktik secara langsung, wawancara kepada pihak yang dapat memberikan sumber informasi terkait Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, melakukan observasi, serta melakukan dokumentasi sebagai alat untuk memperkuat bukti. Kegiatan yang dilakukan saat magang salah satunya dengan memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, contohnya seperti membantu dan mendata janda perintis saat mengisi formulir dalam kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. Kemudian saat kegiatan upacara kemerdekaan di Gedung Grahadi juga ditugaskan untuk mendampingi para Janda Perintis selama upacara berlangsung. Magang di Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur memberikan saya pengalaman kerja serta relasi yang kuat dalam kesiapan menuju dunia kerja yang dalam kegiatan administrasi dan pelayanan publik.

Referensi

Endah, K., Vestikowati, E., & Galuh, U. (2021). Birokrasi Pemerintahan Dalam. 7, 647–656.

Fatmawati, N. (2022). Mengenal Lebih Dekat Kebutuhan Pengguna Layanan. Kementerian Keuangan Republik Indonesia. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/14768/Mengenal-Lebih-Dekat-Kebutuhan-Pengguna-Layanan.html#:~:text=Menurut Sampara Lukman yang dikutip,fisik%2C dan menyediakan kepuasaan pelanggan

PPID Dinsos Jatim. (2016). Visi & Misi Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. PPID DINSOS JATIM. https://ppiddinsosjatim.wordpress.com/

Salas, J. G. (2004). Mewujudkan Birokrasi Yang Mengedepankan Etika Pelayanan Publik. CWL Publishing Enterprises, Inc., Madison, 2004, 9. http://biblioteca.usac.edu.gt/tesis/08/08_2469_C.pdf

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-08