Pelatihan Strategi Branding melalui Panel E-Commerce pada UMKM Ubi di Desa Wiyu Kabupaten Mojokerto
Keywords:
Branding, e-commerce, Usaha Kecil Mikro dan MenengahAbstract
Persaingan usaha dewasa ini semakin ketat, karena perkembangan teknologi memudahkan
para pelaku usaha menemukan inovasi baru dalam menjalankan bisnisnya, bertambahnya
inovasi baru juga bersamaan dengan bertambahnya pelaku usaha menurut data dari
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Ubi
Desa Wiyu dipilih menjadi objek pengabdian masyarkat karena memiliki potensi tinggi, yang
disebabkabkan letak wilayah yang menjadi primadona pariwisata nasional. Namun, dalam
potensi tersebut terdapat permasalahan, bahwa UMKM Ubi masih menjalankan bisnisnya
dengan cara konvensional. Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Tujuh Belas Agustus
(UNTAG) Surabaya memberikan pelatihan mengenai strategi branding dan cara meningkatkan
penjualan melalui e-commerce, metode pelatihan menggunakan penyampaian materi strategi
branding, pembuatan iklan dan logo UMKM, serta tutorial penjualan melalui e-commerce.
Output dari pelatihan ini adalah terdapat logo, iklan, dan aktivasi akun e-commerce. Outcome
dari pelatihan ini diharapkan UMKM Ubi mempunyai identitas bisnis untuk memberikan ciri
pembeda dalam ketatnya persaingan usaha. Metode penjualan melalui e-commerce juga
diharapkan dapat memudahkan konsumen mengakses pembelian serta menjangkau
konsumen lain yang lebih luas.