PENGEMBANGAN DAN BRANDING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DIMASA PANDEMI
Abstract
Pelaksanaan kegiatan KKN bertujuan melatih mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah
dimilikinya dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa dapat memiliki
pengalaman yang dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya di masa yang akan datang
dalam kaitannya sebagai pendidik. Pelaksanaan kegiatan KKN secara umum meliputi tiga tahapan yaitu, tahap
persiapan, pelaksanaan, penyusunan laporan dan evaluasi.
Dalam kegiatan KKN di Desa Bluru Kidul, penyusun mendapat kesempatan untuk menguji kreativitas, 5 Hasil yang
diperoleh dari kegiatan KKN yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan,
pemasaran produk, proses penjualan dan tata cara pemaparan produk untuk mencapai sebuah hasil yang optimal demi
terciptanya efisiensi dan kualitas dalam kreativitas Warga UMKM desa Bluru Kidul.
Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki. Secara umum, program
kerja Kuliah Kerja Nyata di desa tersebut dapat terlaksana dengan lancar. Kendala dalam melaksanakan suatu program
merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari.
Kata Kunci : Desa Bluru Kidul , Kuliah Kerja Nyata , UMKM