Strategi Digitalisasi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Terhadap Pemulihan Perekonomian Nasional di Era Endemi
Abstract
Setelah dua tahun Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi, kini penyebaran Covid-19 telah mengalami penurunan kasus yang cukup signifikan. Pemerintah Indonesia sedang bersiap untuk memasuki era endemi. Dimasa transisi ini, UMKM ditantang untuk membangun kembali usaha yang sempat terhambat akibat pandemi Covid-19. Salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh para pelaku UMKM adalah melalui digitalisai usaha mereka melalui berbagai platform e-commerce maupun sosial media. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi efektif digitalisasi UMKM pada masa transisi pandemi ke endemi ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode qualitative. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil kegiatan pengabdian digitalisasi UMKM yang dilakukan di Desa Wedi, Kecamatan Gedangan Kota Sidoarjo jawa Timur. Penelitian ini menggunakan strategi tujuh langkah membangun bisnis digital yang dikemukakan oleh Haudi, dalam buku Digitalisasi UMKM yang terdiri dari; Kesahihan Ide, Optimalisasi Bisnis Plan, Keterbaruan Riset, Berwawasan Teknologi Internet, Orisinalitas, Konsistensi, dan Pengembangan bisnis digital. Hasil dari kegiatan ini menunjukan bahwa peneliti telah berhasil merealisasikan enam langkah dari tujuh langkah yang dikemukakan Haudi. Melalui penelitian ini diharapkan agar dapat memberikan strategi digitalisasi UMKM yang efektif kepada para pelakunya.
Kata Kunci: Digitalisasi, UMKM, Endemi, strategi