Pentingnya Digital Marketing Serta Kepemilikan Legalitas (Nib) dalam Merespon Pengembangan UMKM Diva Cookies di Keputih
Keywords:
UMKM Diva Cookies, Digital Marketing, Kepemilikan LegalitasAbstract
UMKM memiliki daya tarik yang tinggi terhadap perekonomian Indonesia yang mampu menghadapi kekrisisan
ekonomi dan moneter Negara ini, juga memiliki peran yang sangat positif dalam menunjang pembangunan
ekonomi dalam Negara. Selain untuk pertumbuhan ekonomi UMKM juga dapat memberikan penyerapan
ketanaga kerjaan dalam pembangunan Negara. Dilihat dari UMKM di Surabaya setiap tahunnya selalu
meningkat, berbagai upaya pemerintah melakukan inovasi untuk bisa mmeberikan produk UMKM dari setiap
pemerintah untuk tetap tumbuh dengan baik dan juga mampu dalam menghadapi persaingan kedepannya. Seperti
halnya pada UMKM Diva Cookies ini merupakan UMKM yang menghasilkan produk berupa Cake, Cookies and
dessert. Produk yang dihasilkan UMKM tersebut masih mengalami beberapa kekurangan baik dari segi
pemasaran, produk yang dihasilkan, pengemasan, pelabelan, logo produk dan juga legalitas usaha yang belum
dimilikiya. Untuk itu selama kegiatan KKN yang berlangsung selama 12 hari tersebut, penulis melakukan
beberapa metode yang digunakan untuk dapat mengurasi permaslahan yang terjadi pada UMK Diva Cookies
tersebut. Selama kegiatann KKN penulis melakukan beberapa metode yang harus dilaksanakan dalam
menyelesaikan atau mengatasi masalah yang dihadapi oleh pihak mitra UMKM Diva Cookies. Untuk dapat
mencapai tujuan tersebut, selama pelaksaan KKN selama 12 hari tersebut ada beberapa tahap yang harus
dilakukan diantaranya : melakukan survei, inovasi produk, pengembangan pasar secara digitalisasi dan leglaitas
usaha. Adapun hasil yang dapat dicapai selama kegiatan KKN yakni pihak mitra memiliki logo dan pelabelan
kemasan produk, inovasi produk tambahan “Roti Bolen Pisang”, memasarkan produk melalaui digitalisasi (WA,
IG, FB) dan juga memiliki legalitas (NIB) usaha yang dimilikinya.